sport

Jay Idzes, Bek Venezia yang Akan Dinaturalisasi PSSI untuk Timnas Indonesia

Penulis Rangga Bijak Aditya
Sep 07, 2023
Jay Idzes bersama Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (Foto: Instagram Jay Idzes)
Jay Idzes bersama Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (Foto: Instagram Jay Idzes)

ThePhrase.id - Daftar pemain naturalisasi untuk Timnas Indonesia segera bertambah. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sedang melakukan pendekatan terhadap Jay Idzes.

Idzes adalah bek Venezia, klub Serie B Liga Italia. Pemain berusia 23 tahun itu lahir di Geldrop-Mierlo, Belanda pada 2 Juni 2000. "Saya mengumumkan bahwa pemain asal Venezia Jay Idzes akan kami proses untuk memperkuat Timnas Indonesia," beber Erick Thohor.

Idzes, kata Erick Thohir, bukanlah pemain sembarangan. Musim lalu, dia adalah andalan Go Ahead Eagles yang finis di posisi ke-11 Eredivisie Belanda. Idzes yang masih berusia 23 tahun juga dibidik Timnas Belanda. Namun, dia memilih peluang bersama Timnas Indonesia yang lebih memungkinkannya rutin bermain di level negara.

Jay Idzes  Bek Venezia yang Akan Dinaturalisasi PSSI untuk Timnas Indonesia
Jay Idzes ketika baru bergabung dengan Venezia. (Foto: Instagram Jay Idzes)

"Idzes masih berusia 23 tahun. Kariernya sedang menuju puncak. Jadi pemain ini adalah pemain yang sangat potensial dan akan insyaallah akan menambah kekuatan Timnas Indonesia," tegas Erick Thohir.

Idzes memiliki darah keturunan Indonesia dari kakek dan neneknya. Idzes sudah bermain sepak bola sejak usia 7 tahun.

Awal karier sepak bola Jay dimulai ketika dia bergabung dengan salah satu klub amatir Belanda, SC Brabant. Dia bermain selama 1,5 tahun di tim itu. Di usia 9 tahun, Idzes dilirik oleh talent scouting dari PSV Eindhoven.

Jay Idzes  Bek Venezia yang Akan Dinaturalisasi PSSI untuk Timnas Indonesia
Jay Idzes segera dinaturalisasi untuk membela Timnas Indonesia. Foto Instagram Jay Idzes.

Ia kemudian berlatih di akademi PSV selama lima tahun. Setelah itu, ia bergabung dengan Akademi VVV-Venlo & Helmodsports pada 2014. Bertahan dua tahun di klub tersebut, ia bergabung dengan klub Eerste Divisie lain, FC Eindhoven, dan bermain di tim akademi junior.

Setelah dua tahun menimba ilmu di tim junior, Jay mulai dibutuhkan oleh tim utama FC Eindhoven dengan mencatatkan 57 penampilan. Ia kemudian pindah ke Go Ahead Eagles hingga awal musim 2023. Pemain berusia 23 tahun itu kemudian pindah ke Serie B pada musim panas ini untuk bergabung dengan Venezia hingga 2027. (Rangga)

Tags Terkait

 
Related News

Popular News

 

News Topic