politics

Jelang Debat Cawapres: Muhaimin dan Mahfud Tak Ada Persiapan Khusus, Gibran Siapkan Kejutan

Penulis Rangga Bijak Aditya
Dec 15, 2023
Suasana debat perdana capres di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/23). (Foto: Instagram/kpu_ri)
Suasana debat perdana capres di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/23). (Foto: Instagram/kpu_ri)

Thephraser.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dijadwalkan akan menggelar debat calon wakil presiden (cawapres) perdana Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada Jumat 22 Desember 2023, Muhaimin dan Mahfud tak ada persiapan khusus, Gibran siapkan kejutan.

Juru Bicara (Jubir) Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN) Usamah Abdul Aziz mengatakan tidak ada persiapan khusus yang dilakukan cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar jelang debat cawapres.

Hal itu karena pria yang akrab disapa Cak Imin itu sudah terbiasa dengan forum debat sebagaimana rekam jejaknya yang panjang di organisasi maupun pemerintahan.

“Cak Imin masih umroh, setelah balik beliau akan melakukan persiapan dan beliau kami rasa punya kemampuan yang baik seperti Anies untuk berdialog, berdebat,” ucap Usamah di Media Center AMIN, Jakarta, Kamis (14/12) dikutip Antaranews.

Begitu pula cawapres nomor urut 3, Mahfud MD yang menyebut dirinya tidak bersiap diri secara khusus untuk hadapi debat capres-cawapres kedua yang diselenggarakan KPU.

“Saya enggak mau menyiapkan apa-apa. Pokoknya saya mau datang,” ujar Mahfud MD saat berada di kawasan Gambir, Jakarta, Kamis.

Gibran Siapkan Kejutan

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani menyatakan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka akan memberi kejutan pada saat debat cawapres nanti.

“Saya memperkirakan nanti pada tanggal 22 Desember debat cawapres akan penuh kejutan,” tukas Muzani saat hadiri acara peluncuran platform pemilihmuda.id di Jakarta, Kamis.

Muzani menungkapkan bahwa muncul sitgma di masyarakat yang menilai kemampuan berdebat Gibran berada di bawah rata-rata, mengingat sifat Gibran yang dinilai sebagai sosok yang irit bicara.

Menurutnya, kemampuan berdebat Gibran sudah dibuktikan ketika ia mengikuti agenda debat saat dirinya maju menjadi calon Wali Kota Surakarta. Muzani menilai Gibran menguasai banyak hal sehingga mampu menyampaikan gagasan dan memberikan solusi dengan baik.

“Saya sudah lihat saat jadi Wali Kota Surakarta, Mas Gibran menjelaskan banyak hal di beberapa tempat. Mas Gibran cukup menguasai banyak masalah,” tandasnya.

Debat cawapres nantinya akan mengusung tema  ekonomi (kerakyatan dan digital), investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Mengenai lokasi debat masih belum ada pengumuman resmi dari pihak KPU RI. (Rangga)

 

 
Related News

Popular News

 

News Topic