trending

Jelang Olimpiade 2024, Paris Diserang Wabah Kutu Busuk

Penulis Nadira Sekar
Oct 10, 2023
Foto: Ilustrasi Kutu Busuk (pexels.com photo by pixabay)
Foto: Ilustrasi Kutu Busuk (pexels.com photo by pixabay)

ThePhrase.id - Setelah penduduknya harus hidup berdampingan dengan populasi tikus yang melonjak, Kota Cinta, Paris, yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2024, kini dihantui oleh bencana baru, yaitu wabah kutu busuk.

Serangan kutu busuk tersebut dimulai tepat sebelum Paris Fashion Week, dengan berbagai laporan tentang peningkatan penampakan serangga di rumah-rumah, bioskop, kereta, dan bahkan rumah sakit.

Wakil Wali Kota Paris, Emmanuel Grégoire, mengungkapkan bahwa serangan kutu busuk disebabkan oleh peningkatan jumlah perjalanan dan juga resistensi terhadap pestisida. 

Paris sendiri merupakan kota yang paling banyak dikunjungi di dunia pada tahun 2022, dengan 44 juta wisatawan. Kutu busuk juga bukanlah hal yang asing di Paris. Melansir Conde Nast Traveler,  menurut ANSES, Badan Kesehatan dan Sanitasi Nasional Prancis, antara tahun 2017 dan 2022, lebih dari satu dari sepuluh rumah tangga di Prancis melaporkan infestasi kutu busuk. 

Tetapi, ANSES melaporkan bahwa peningkatan serangan kutu busuk dalam beberapa tahun terakhir ini terutama disebabkan oleh peningkatan perjalanan dan peningkatan resistensi kutu busuk terhadap insektisida. Dengan kata lain, kutu busuk ini telah bermutasi menjadi superbug, berevolusi untuk menciptakan pertahanan dan adaptasi terhadap bahan kimia tertentu yang biasanya digunakan untuk memusnahkan mereka.

Mereka biasanya menghuni kasur dan bingkai tempat tidur, menunggu manusia untuk tidur sebelum merayap dan menghisap darah sebagai makanan mereka. Namun, mereka juga dapat melakukan perjalanan melalui manusia, menumpang perjalanan pada pakaian, koper, dan tas tangan untuk menjelajahi dunia.

Respons Pemerintah Prancis

Pemerintah Prancis mengumumkan bahwa pihaknya akan meluncurkan upaya bersama untuk melawan kutu busuk.

Dalam surat kepada Perdana Menteri Elisabeth Borne minggu ini,  Emmanuel Grégoire menegaskan perlunya rencana aksi menghadapi wabah ini.  “Negara dengan segera perlu  menetapkan rencana aksi melawan wabah ini karena Prancis bersiap menyambut Olimpiade dan Paralimpiade pada tahun 2024," kata Grégoire.

Saat ini, tampaknya Paris masih berada pada tahap awal dalam upaya mengatasi masalah ini. Balai Kota Paris telah mendorong pemerintahan Presiden Emmanuel Macron untuk memberikan bantuan dalam mengendalikan infestasi ini, termasuk dengan pembentukan tim khusus.

Wakil Wali Kota Grégoire juga telah mengajukan permohonan kepada perusahaan asuransi agar menyertakan perlindungan terhadap kutu busuk dalam polis asuransi rumah, terutama karena orang dengan penghasilan rendah sering kali tidak memiliki sumber daya untuk memanggil perusahaan pengendalian hama.

Grégoire menambahkan bahwa kutu busuk telah ada di Paris sebelumnya dan kemungkinan akan tetap ada. Dia melihat Olimpiade yang akan dimulai pada akhir Juli 2024 sebagai kesempatan bagi semua pihak untuk bekerja sama dalam mengatasi masalah ini. [nadira]

 
Related News

Popular News

 

News Topic