e-biz

Jelang Sumpah Pemuda, Tokopedia bagi Kisah Sukses Pemuda Pelaku UMKM Penggerak Ekonomi

Penulis Firda Ayu
Oct 25, 2023
(Foto: tempeman.com)
(Foto: tempeman.com)

ThePhrase.id - Menyambut Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober, Tokopedia membagikan dua kisah inspiratif pemuda pelaku UMKM Indonesia, yaitu Gracia Chandra (Gracious Project) dan Benny Santoso (Tempeman) yang memulai dan menciptakan peluang lewat teknologi, khususnya Tokopedia.

Diketahui, Tokopedia telah memberikan panggung seluas-luasnya bagi lebih dari 14 juta penjual, yang didominasi oleh UMKM lokal termasuk di antaranya para pemuda, sebagai penggerak roda perekonomian nasional.

“Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia sekaligus bagian dari Grup GoTo, terus membantu pelaku usaha di Indonesia, termasuk para pemuda pelaku UMKM Indonesia, menciptakan peluang tanpa hambatan,” ungkap Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.

Benny Santoso - Tempeman

Jelang Sumpah Pemuda  Tokopedia bagi Kisah Sukses Pemuda Pelaku UMKM Penggerak Ekonomi
(Foto: tempeman.com)

Benny Santoso merupakan pemuda berusia 27 tahun asal Surakarta yang membuka peluang bisnis online olahan tempe sejak tahun 2016. Ia memulai usaha ini dari tugas akhir kuliah untuk membuat tempe rasa keju yang ia kembangkan menjadi Tempeman melalui berbagai kreasi unik camilan olahan tempe.

“Awalnya, Tempeman membuat camilan kering dari tempe yang laris di pasaran. Agar Tempeman bisa terus relevan dengan perkembangan zaman, kami mencoba mengangkat tempe sebagai kuliner sehat, bergizi dan tetap memenuhi selera kekinian. Tempeman membuat olahan tempe inovatif, seperti cokelat, cookies hingga protein ball beragam rasa,” ujar Benny.

Tak main-main, Benny juga menggandeng berbagai produsen rumahan asal Bali, termasuk HAS Chocolate hingga Gelato Secret. Tempeman juga bekerja sama dengan petani lokal asal Grobogan (Jawa Tengah), Pulaki (Bali Utara) hingga Tabanan (Bali). 

“Kami membeli langsung kedelai mentah dari para petani dengan harga yang lebih tinggi dari harga tengkulak,” tambah Benny.

Benny mulai berjualan online di Tokopedia pada tahun 2020 untuk terus melanjutkan bisnisnya karena seluruh penjualannya anjlok hingga 40% saat pandemi. Melalui Tokopedia, omzet bulanan UMKM Bali Tempeman bisa mencapai puluhan juta dengan produk paling laris, yaitu varian cokelat tempe dan cookies tempe rasa keju.

Untuk meningkatkan transaksi di Tokopedia, Tempeman menggunakan berbagai fitur, seperti flash sale, promo buy 1 get 1, TopAds dan Wawasan Pasar.

“Fitur Wawasan Pasar sangat bermanfaat bagi penjual karena kita bisa tahu produk terpopuler yang sedang banyak dicari pembeli di wilayah tertentu. Hal ini membantu kami untuk melakukan riset dan inovasi produk agar lebih relevan dengan kebutuhan pasar,” jelas Benny.

Gracious Project - Gracia Chandra

Jelang Sumpah Pemuda  Tokopedia bagi Kisah Sukses Pemuda Pelaku UMKM Penggerak Ekonomi
(Foto: Tokopedia)

Kehadiran Gracious Project berawal dari hobi sang pemilik, Gracia Chandra, pemuda berusia 31 tahun yang memiliki hobi meracik essential oils dan berbagai produk perawatan tubuh dengan bahan natural yang aman bagi keluarga. Gracia kemudian mendirikan usaha skincare alami Gracious Project pada tahun 2020.

“Saat pandemi, banyak orang yang mencari produk perawatan tubuh dan skincare bagi keluarga. Kebetulan saya punya latar belakang sebagai formulator, yang bisa membuat formula untuk bahan kesehatan atau kecantikan, sehingga saya terdorong untuk membuat produk perawatan tubuh dengan bahan natural, salah satunya sabun natural,” ungkap Gracia

Produk ciptaan Gracia ini awalnya hanya digunakan oleh keluarganya yang kemudian berkembang dan memiliki banyak peminat. Selain menjual produk perawatan tubuh berbahan alami, Gracious Project juga mengedukasi masyarakat untuk hidup lebih natural, salah satunya dengan menjual buku seputar resep dan cara pembuatan produk perawatan tubuh alami, seperti soap bar dan essential oils.

Bahan alami yang digunakan pada produk Gracious Project juga diperoleh dari petani lokal. Gracia bekerja sama dengan petani lokal penghasil minyak kelapa atau VCO di Lombok Utara dan petani lokal minyak calendula di Malang.

Untuk produksi alat pelengkap, seperti loofah (alat yang terbuat dari gambas untuk membersihkan kotoran pada kulit), serta kapas yang dapat dipakai ulang, Gracious Project bekerja sama dengan perajin dari Bali dan Yogyakarta.

Sejak bergabung di Tokopedia, Gracious Project memakai berbagai fitur, seperti TopAds, bebas ongkir, flash sale, produk bundling, dan rutin mengikuti kampanye di Tokopedia, salah satunya festival belanja bulanan Waktu Indonesia Belanja (WIB) setiap tanggal 25.

Sebagai generasi muda yang inovatif dan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal, Gracia memaknai Hari Sumpah Pemuda dengan semangat kolaborasi.

“Bagi saya, apa pun yang kita lakukan harus memberi dampak bagi lingkungan sekitar dan memiliki prinsip yang kuat dalam berbisnis. Bahkan dengan berkolaborasi kita dapat maju bersama untuk meningkatkan berbagai potensi hingga menciptakan sesuatu yang inovatif dan dapat dibanggakan masyarakat Indonesia,” tutup Gracia. [fa]

Tags Terkait

 
Related News
Popular News
 

News Topic