e-biz

Jenuh dalam Bekerja? Ini Dia Tips Bangkitkan Semangat Kerja ala Kemenkeu

Penulis Firda Ayu
Feb 13, 2024
 (Foto: Canva/studioroman)
(Foto: Canva/studioroman)

ThePhrase.id - Rasa jenuh dalam bekerja dapat menghampiri siapa saja. Jenuh dalam bekerja dapat membuat timbulnya rasa malas melakukan pekerjaan hingga menunda-nunda menyelesaikan pekerjaan.

Situasi seperti ini sangatlah sering dan lumrah terjadi. Namun, situasi ini tidak dapat dibiarkan terlalu lama karena dapat mengganggu efektivitas kerja kita.

Bagaimana cara membangkitkan semangat kerja agar rutinitas pekerjan yang membuat jenuh dan membosankan ini dapat terasa lebih menyenangkan?

Simak tipsnya berikut ini dilansir dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Temukan motivasi kerja

‘Apa tujuan atau goal yang ingin dicapai dalam pekerjaan?’

Pertanyaan ini dapat membantu mencari apa yang kita inginkan dalam pekerjaan. Tujuan yang diinginkan ini bisa berupa promosi jabatan, mengembangkan skill atau belajar hal baru, hingga memperluas koneksi.

Apapun tujuanmu, jadikan hal tersebut motivasi untuk bekerja. Dengan begitu, akan ada tujuan pasti yang ingin dicapai ketika menyelesaikan pekerjaan.

Fokus pada kekuatan terbaik

‘Apa kekuatan atau skill terbaik yang dimiliki?’ 

Setiap orang pasti memiliki satu hal yang sangat dikuasai seperti ahli dalam mendesain, melakukan pitching ke stakeholders, membuat presentasi, hingga menjadi seorang leader dari sebuah tim. Fokuslah pada kekuatan terbaik yang kamu miliki dan gunakan kekuatan ini untuk hal positif seperti mengembangkan ide untuk instansi.

Dengan mengembangkan kekuatan ini, kita akan mengerti tujuan pekerjaan dan hidup yang dicari selama ini dan jadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk mencapai target yang diinginkan.

Ganti suasana kerja

‘Apakah suasana kerja nyaman dan menyenangkan?’

Suasana kerja memiliki peran penting dalam meningkatkan semangat kerja. Motivasi kerja bisa saja hilang karena suasana kerja yang tidak kondusif. Bagi kalian yang merasakan hal ini, dapat mendiskusikannya kepada atasan agar dapat mencari solusinya bersama-sama.

Sebelum menyampaikannya kepada atasan, kamu perlu mengidentifikasi hal yang menyebabkan situasi tidak kondusif, seperti suasana kantor yang panas, rekan kerja yang berisik, peralatan kantor yang kurang memadai, hingga beban kerja yang terlalu banyak. 

Bergaul dengan teman yang positif

Jenuh dalam Bekerja  Ini Dia Tips Bangkitkan Semangat Kerja ala Kemenkeu
(Foto: Canva/fizkes from Getty Images)

‘Apakah lingkungan pergaulan sudah positif?’

Teman dapat menjadi hadiah yang indah dan menyenangkan untuk kita berkomunikasi, bertukar pikiran, dan berbagi. Carilah teman yang dapat membantu mengembangkan potensi yang ada dalam diri kita. Teman yang positif dapat membentuk motivasi dalam diri yang positif pula.

Kalian dapat saling mengingatkan satu sama lain apabila ada yang mulai kehilangan motivasi kerja dan berada di titik jenuh. Sesekali kalian juga bisa pergi untuk sekadar makan bersama atau quality time di luar kantor.

Menolong sesama rekan kerja

‘Apakah selama bekerja, kita hanya fokus kepada diri sendiri saja?’

Salah satu hal bermanfaat yang dapat meningkatkan motivasi kerja salah menolong sesama rekan kerja, seperti memberikan penjelasan kepada karyawan baru tentang aturan kerja, menolong rekan yang ada masalah teknis dengan komputernya, dan berbagai hal lain yang bermanfaat bagi rekan kerja.

Dengan menolong sesama rekan kerja, kita dapat menemukan tujuan baru dalam diri sendiri yang dapat menambah motivasi kerja.

Tips-tips sederhana di atas dapat membantumu mengatasi rasa jenuh dalam bekerja. Rasa jenuh yang wajar terjadi dalam menjalani rutinitas kerja dapat diubah menjadi peluang untuk bertumbuh dan berkembang di lingkungan kerja. [fa]

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic