Jerman, Negara Pertama Lolos Piala Dunia 2022 di Luar Tuan Rumah Qatar

- Advertisement -spot_imgspot_img

ThePhrase.id – Siapa negara pertama di luar tuan rumah Qatar yang lolos ke Piala Dunia 2022? Mereka adalah Jerman, juara dunia empat kali.

Der Panzer mengunci tiket Qatar 2022 setelah memetik 7 kemenangan dalam 8 pertandingan kualifikasi zona Eropa Grup J. Jerman meninggalkan Rumania, Makedonia Utara, Armenia, Islandia, dan Liechtenstein.

Dengan perolehan 21 poin dan sisa dua pertandingan lagi, Jerman sudah tidak terkejar. Rumania sebagai pesaing terdekat, baru mengumpulkan 13 poin dari 8 pertandingan. Poin maksimal Rumania adalah 19 poin.

Makedonia Utara vs Jerman – Foto DFB

Maka itu Jerman sudah pasti menjadi juara Grup J, dan berarti tiket lolos ke Qatar 2022 sudah di tangan. Eropa punya jatah 13 negara yang berhak lolos ke putaran final Piala Dunia.

Hasil yang memastikan Jerman menjadi juara Grup J adalah kemenangan atas Makedonia Utara. Dalam laga Senin kemarin Jerman menang 4-0.

Jerman Nyaris Tidak Pernah Absen

Sukses Jerman melangkah ke Qatar tahun depan, membuat mereka nyaris tidak pernah absen dari pesta bola sejagat ini. Dari 21 kali penyelenggaraan Piala Dunia, Jerman hanya dua kali absen.

Pertama ketika gelaran Piala Dunia pertama pada 1930 di Uruguay. Berikutnya ketika tidak lolos ke Piala Dunia 1950 di Brasil. Selebihnya Jerman selalu lolos ke putaran final.

Timnas Jerman – Foto DFB

Kemudian perlu dicatat bahwa Jerman merupakan negara urutan kedua dengan jumlah trofi juara Piala Dunia terbanyak. Di peringkat pertama ada Brasil dengan 5 kali menjadi juara.

Sedangkan Jerman empat kali menjadi juara. Mereka bersanding dengan Italia yang juga punya koleksi empat trofi juara.

Jerman menjadi juara Piala Dunia pada 1954, 1974, 1990, dan 2014. Dari tiga gelar itu tiga di antaranya saat masih bernama Jerman Barat. Satu-satunya yang diraih ketika sudah unifikasi Jerman adalah juara pada 2014.

Kapan Piala Dunia Qatar 2022?

Pertanyaan berikutnya adalah kapan Piala Dunia 2022 di Qatar? Sejak beberapa tahun kemarin FIFA sudah mengumumkan penyelenggaraan pesta bola ini akan berbeda dengan sebelumnya, yang biasa diselenggarakan pada tengah tahun.

Qatar 2022 – Foto FIFA

Piala Dunia 2022 akan digelar pada 21 November hingga 18 Desember. Total 32 negara akan menjadi peserta yang nanti dijamu di 8 kota tuan rumah.

Qatar sebagai tuan rumah sudah dipastikan lolos. Kalau juara bertahan tetap harus ikut kualifikasi di konfederasinya. Saat ini status juara bertahan disandang Prancis, yang meraihnya pada Piala Dunia 2018 Rusia. (Rahma)

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you