e-biz

JIFHEX 2025: Yogyakarta Jadi Magnet Industri Kuliner dan Perhotelan Indonesia

Penulis Firda Ayu
Aug 22, 2025
(Foto: Istimewa)
(Foto: Istimewa)

ThePhrase.id – Dunia kuliner dan industri perhotelan kembali menyorot Yogyakarta sebagai pusat pertumbuhan dan inovasi dengan hadirnya Jogja International Food & HoReCa Expo (JIFHEX) 2025 pada 22 - 24 Agustus 2025.

Mengusung tema “Empowering Culinary Businesses in the Heart of Java”, pameran ini menegaskan perannya sebagai motor penggerak penguatan sektor makanan, minuman, dan hospitality di Indonesia.

Memasuki tahun ke-9 penyelenggaraan, JIFHEX telah menjadi pionir pameran industri F&B terbesar di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Tak hanya sekadar pameran, JIFHEX hadir sebagai wadah untuk memperluas promosi, menjalin kolaborasi lintas sektor, hingga membuka peluang ekspansi bisnis bagi para pelaku usaha.

Berlokasi di Jogja Expo Center (JEC), JIFHEX 2025 menghadirkan lebih dari 150 peserta pameran dari dalam dan luar negeri. Mulai dari pelaku industri makanan dan minuman, produsen mesin pengolahan dan pengemasan, hingga penyedia peralatan restoran, hotel, serta pengembang teknologi penunjang bisnis F&B dan HoReCa.

Pameran ini memproyeksikan ribuan pengunjung profesional, mulai dari pemilik usaha, distributor, buyer, investor, hingga pelaku UMKM hadir untuk membangun jejaring sekaligus mengeksplorasi inovasi terbaru.

Tak hanya merupakan pameran produk, JIFHEX juga menghadirkan beragam program unggulan. Mulai dari demo memasak, peluncuran produk terbaru, hingga seminar serta talkshow yang membahas tren aktual dunia kuliner dan perhotelan. 

Salah satu agenda paling ditunggu adalah Kompetisi Kuliner JIFHEX 2025 dengan tiga kategori utama, Jajan Pasar, Fruit & Vegetable Carving, dan Live Cooking. Kompetisi ini akan dinilai oleh chef ternama serta praktisi berpengalaman. 

Untuk membantu pelaku usaha, JIFHEX menghadirkan Business Matching yang menjadi wadah untuk mempertemukan peserta pameran dengan distributor dan pembeli potensial.

Lebih dari sekadar ajang bisnis, JIFHEX juga memberi ruang luas bagi UMKM dan brand lokal untuk tampil di panggung utama. Produk-produk unggulan dalam negeri akan mendapat sorotan untuk peluang memperluas pangsa pasar dan memperkuat posisi di level nasional. 

Tahun ini, JIFHEX mendapatkan dukungan kolaborasi strategis dari berbagai asosiasi terkemuka, mulai dari Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Association of Culinary Professionals (ACP), Indonesian Pastry & Bakery Society (IPBS), Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia (PPJI), Perkumpulan Profesional dan Inovator Kopi Indonesia (PPKI), Indonesian Cage-Free Association, hingga Indonesia Chef Association (ICA).

Tak ketinggalan, JIFHEX 2025 juga menggandeng resmi dari sejumlah mitra industri, seperti Rosebrand sebagai Official Flour, Barco sebagai Official Oil, ESB sebagai Official POS System, serta Maxride sebagai Official Ride Partner. [fa]

Tags Terkait

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic