Jisoo BLACKPINK, Lead Vocalist yang Rambah Seni Peran dan Aktif di Dunia Fashion

- Advertisement -spot_imgspot_img

ThePhrase.id – Kim Jisoo atau yang lebih akrab dikenal sebagai Jisoo adalah member dari girl group asal Korea Selatan, Blackpink yang mendunia. Ia memegang peran sebagai lead vocalist dan juga visual dalam grup ini. Ia  juga merangkap sebagai penari.

Blackpink baru saja comeback dengan album terbaru mereka yang berjudul Born Pink dengan title track lagu Shut Down pada 16 September 2022. Jisoo menjadi sorotan karena kemampuan vokalnya yang memukau pada lagu tersebut sebagai lead vocalist.

Baru satu minggu rilis, album tersebut sudah memuncaki berbagai tangga nada  internasional. Secara fisik, albumnya juga laris manis terjual, bahkan memecahkan rekor seperti menjadi grup K-Pop perempuan pertama yang melampaui 1 juta kopi penjualan di hari pertama album tersebut dirilis.

Kim Jisoo. (Foto: Instagram/sooyaaa__)

Tentang Jisoo

Lahir di Gunpo, Korea Selatan pada 3 Januari, 1995, Jisoo adalah member tertua dari Blackpink. Ia adalah anak ketiga dari tiga bersaudara. Saat ia masih kecil, cita-citanya adalah menjadi pelukis dan penulis.

Di tahun 2011 saat masih berusia 16 tahun, Jisoo bergabung dengan YG Entertainment, salah satu agensi besar Korea Selatan yang memproduksi grup-grup ternama di K-Pop seperti Big Bang, 2NE1, Winner, AKMU, iKon, Treasure, hingga Blackpink.

Jisoo bergabung dengan agensi tersebut sebagai seorang trainee setelah berhasil lolos audisi. Ia kemudian debut sebagai member Blackpink pada tahun 2016. Namun, sebelumnya nama dan parasnya telah dikenal karena beberapa kali muncul pada proyek YG.

Kim Jisoo. (Foto: Instagram/sooyaaa__)

Ia muncul pada video klip lagu Spoiler + Happen Ending oleh Epik High. Ia juga muncul di video klip lagu Hi Suhyun yang berjudul I’m Different dengan member iKon, Bobby.

Baru satu tahun berkecimpung di industri hiburan, Jisoo telah terpilih untuk menjadi host atau MC salah satu acara musik mingguan Inkigayo di kanal televisi SBS. Ia tampil bersama dua K-Pop idol lainnya, yaitu Jinyoung dari GOT7 dan Doyoung dari NCT.

Blackpink yang semakin terkenal dan naik daun bukan hanya di Korea Selatan, tetapi juga di seluruh dunia turut membuat nama Jisoo makin melambung. Di tahun 2018, ia berada di peringkat 10 sebagai idol K-pop yang paling terkenal menurut survei dari Gallup Korea.

Kim Jisoo. (Foto: Instagram/sooyaaa__)

Di tahun 2019, ia menempati peringkat ke-17 sebagai idol paling terkenal menurut survei yang sama. Ia juga menempati peringkat keenam sebagai idol wanita paling populer menurut survei pada laki-laki Korea Selatan yang menjalani wajib militer.

Bahkan, Jisoo merupakan idol K-pop ketiga yang paling banyak difollow di Instagram  dengan followers hingga 64,3 juta saat artikel ini dibuat. Peringkat pertama diduduki oleh member Blackpink lainnya, yaitu Lisa di peringkat pertama dan Jennie di peringkat kedua, sedangkan Rose menempati peringkat keempat.

Brand ambassador global Dior

Dengan puluhan juta followers di Instagram, Jisoo menjadi salah satu idol yang memiliki influence atau pengaruh yang besar. Apa pun yang ia kenakan dan ia unggah ke laman Instagram pribadinya tersebut menjadi sorotan di seluruh dunia.

Kim Jisoo. (Foto: Instagram/sooyaaa__)

Pengaruhnya yang besar dilirik oleh brand mewah dunia yang berasal dari Prancis, yakni Dior. Dior atau lengkapnya Christian Dior adalah brand kelas atas yang memiliki pattern dan desain khas yang digemari berbagai kalangan di dunia.

Jisoo ditunjuk sebagai brand ambassador (BA) global merek tersebut pada tahun 2021. Pada Maret 2021, akun resmi Dior mengumumkan bahwa Jisoo menjadi brand ambassador global Dior untuk lini fashion dan juga kosmetik.

Sebagai BA global brand tersebut, Jisoo terlihat sering menghadiri kampanye kecantikan Dior hingga fashion show Dior baik di Paris, maupun di berbagai belahan dunia lainnya. Ini membuat namanya makin dikenal bukan hanya di industri hiburan sebagai penyanyi dan penari, tetapi juga di dunia fashion sebagai seorang icon.

Kim Jisoo. (Foto: Instagram/sooyaaa__)

Bukan hanya menguntungkan bagi Jisoo, Dior juga dikatakan meraih keuntungan yang meningkat setelah menunjuk Jisoo sebagai BA globalnya. Dilansir dari musicmundial, sebuah e-commerce Korea bernama MUSTIT menjabarkan bahwa koleksi musim gugur dan musim dingin 2021 Dior yang Jisoo promosikan terjual habis dan penjualan Dior meningkat 484 persen.

Selain menjadi BA global Dior, Jisoo juga merupakan BA global dari brand Cartier. Cartier merupakan brand mewah dan kelas atas perhiasan dan jam dari Prancis. Jisoo menjadi BA untuk brand ini sejak tahun 2022.

Merambah dunia peran

Jisoo memulai kariernya sebagai aktris belum lama ini. Ia membintangi sebuah serial televisi atau drakor yang berjudul Snowdrop (2021-2022). Pada drakor tersebut, ia menjadi pemeran utamanya dan beradu akting dengan aktor muda yang juga terkenal, yakni Jung Haein.

Kim Jisoo (kiri) dan Jung Haein (kanan). (Foto: Instagram/sooyaaa__)

Drakor yang juga tayang di Disney+ tersebut meraih kesuksesan dengan rating yang cukup memuaskan. Bahkan, di Disney+ pada beberapa negara seperti Singapura, Korea Selatan, Hong Kong, Taiwan, dan Jepang, drakor ini menempati peringkat pertama yang paling banyak ditonton.

Sebelum mendapatkan peran utama dan benar-benar terjun di industri peran, Jisoo juga sudah pernah menjadi kameo di beberapa drakor. Di tahun 2019, ia menjadi kameo bernama Sae Narae pada drakor Arthdal Chronicles (2019) yang dibintangi oleh aktor kondang Song Joongki.

Bahkan, sebelum debut di industri hiburan secara resmi, Jisoo juga sudah pernah tampil sebagai kameo, yakni pada drakor berjudul The Producers (2015) dan Part-Time Idols (2015). [rk]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you