politics

Jubir TKN: Prabowo Janji Tuntaskan Kasus HAM Meski Tak Tercantum di Visi-Misi

Penulis Rangga Bijak Aditya
Dec 04, 2023
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto. (Foto: Instagram/prabowo)
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto. (Foto: Instagram/prabowo)

ThePhrase.id - Juru Bicara (Jubir) Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Bidang Hak Asasi Manusia (HAM) dan Konstitusi, Munafrizal Manan menyatakan calon presiden (capres) Prabowo Subianto akan tuntaskan kasus pelanggaran HAM meski tak tercantum dalam visi-misinya.

“Kami akan berikan perhatian untuk upaya penyelesaiannya,” ucap Munafrizal Manan dalam diskusi yang digelar Amnesty Internasional di Jakarta Pusat, Sabtu (2/12) dikutip Antaranews.

Manan menyebut bahwa pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sengaja tidak memasukkan penuntasan kasus HAM ke dalam visi-misi karena berpotensi menjadi komoditas politik saat pemilihan presiden (pilpres).

Selain itu Manan juga mengatakan pihaknya tidak ingin menjanjikan sesuatu yang belum tentu bisa dituntaskan, karena nantinya akan membuat pihak keluarga atau kerabat korban kecewa.

“Korban juga masih kecewa, jadi kami tidak ingin membuat korban, warganya itu, mengalami luka dua kali; luka dengan peristiwanya dan luka dijanjikan tetapi tidak dilaksanakan,” paparnya.

Meskipun demikian, Jubir TKN Prabowo-Gibran itu menegaskan Prabowo-Gibran akan berupaya untuk menuntaskan kasus pelanggaran HAM di masa lalu dengan membuka komunikasi antara pihak korban, saksi, hingga pelaku.

Menurutnya, komunikasi perlu dibuka demi upaya penyelesaian kasus HAM hingga tuntas.

“Salah satu penyebab ‘kemacetan’ adalah komunikasi ini tidak jalan, jadi hanya membangun dinding yang menghalangi komunikasi itu,” tukasnya.

Prabowo Pinta Mandat kepada Rakyat 

Capres nomor urut 2 yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto meminta mandat kepada rakyat untuk memimpin Republik Indonesia sebagai Presiden.

“Saya berdiri di hadapan bapak-bapak sekalian karena itu saya berdiri di depan rakyat Indonesia, saya minta mandat untuk kita ubah nasib bangsa kita,” ucap Prabowo saat sampaikan pidato politik di acara Musyawarah Kerja Nasional III Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta, Sabtu (2/12).

Menteri Pertahanan (Menhan) RI itu berkata jika dirinya tidak diberi mandat oleh rakyat, ia akan pensiun.

Ia juga menyampaikan buku kepada masyarakat yang hadir dalam acara tersebut, yang berisikan program-programnya bersama cawapres Gibran, salah satunya ingin Indonesia menjadi negara terhormat yang bebas kemiskinan.

“Buku yang ada di hadapan bapak-bapak semua ada di situ, proyek-proyek kami, program kami ada di situ. Kami bertekad membuat terobosan, kami insyaallah akan hilangkan kemiskinan dari bumi Indonesia,” tandasnya. (Rangga)

 
Related News

Popular News

 

News Topic