leader

Julian Alvarez, Pesepak Bola Muda Pertama yang Pakai Dua Lencana Juara Dunia

Penulis Firda Ayu
Jan 14, 2024
(Foto: instagram.com/juliaanalvarez)
(Foto: instagram.com/juliaanalvarez)

ThePhrase.id - Usia boleh masih muda, namun pesepak bola dari klub Manchester City, Julian Alvarez memiliki prestasi yang disebut sempurna di kancah sepak bola. Memiliki prestasi lebih mentereng dibanding Messi, bagaimana perjalanan karier pria berusia 23 tahun ini?

Julian Alvarez lahir di Catchin, Argentina pada 31 Januari 2000. Pria dengan tinggi 170 cm ini mulai bermain sepak bola pada usia 4 tahun melalui sekolah sepak bola Futura Estrellita di Argentina. Pada usia 11 tahun, Julian mencoba bergabung dengan tim junior Real Madrid, namun gagal bergabung karena usianya yang masih muda.

Ia berhasil bergabung dengan River Plate pada divisi ketujuh di tahun 2016. Julian juga sempat bertanding pada Copa Generacion Adidas, dengan River Plate yang berhasil keluar sebagai juara pada tahun 2017.  Setelah berhasil naik ke divisi keenam, bakat Julian dikenali oleh Marcelo Gallardo yang membawanya bergabung dengan tim senior River Plate pada musim 2018-2019.

Debut Profesional dengan River Plate

Julian Alvarez  Pesepak Bola Muda Pertama yang Pakai Dua Lencana Juara Dunia
(Foto: instagram.com/juliaanalvarez)

Julian berhasil debut dengan tim senior River Plate pada 27 Oktober 2018 pada laga Primera División melawan Aldosivi. Hanya bermain pada 26 menit akhir pertandingan, penampilan debut Julian ini sukses dengan River Plate meraih kemenangan 1-0.

Ia juga debut pada laga Copa Libertadores melawan Boca Juniors pada 9 Desember 2018, ia masuk sebagai pemain pengganti pada enam menit waktu tambahan. Pada pertandingan ini, Julian dan tim berhasil menjadi pemenang dengan skor akhir 3-5 dan Julian berhasil menjadi juara internasional untuk pertama kali dalam kariernya.

Gol pertama dibuat Julian pada pertandingan melawan Independiente di bulan Maret 2019 dengan skor akhir kemenangan tim Julian, 3-0. Julian juga menyumbangkan satu gol di menit 71 pada pertandingan final Copa Argentina 2019 melawan Central Cordoba dengan skor akhir kemenangan River Plate, 0-3.

Sepanjang 2020, Julian Alvarez juga terus menunjukkan kepiawaiannya pada laga Copa Libertadores dengan lima gol dalam enam pertandingan di babak penyisihan grup yang membawa River Plate masuk 16 besar. 

Kepiawaian Julian Alvarez berhasil mendapat pengakuan melalui gelar Rey de America atau South American Footballer of the Year yang ia dapatkan di tahun 2021. 

River Plate resmi mengumumkan transfer Julian Alvarez ke Manchester City dengan kontrak selama lima setengah tahun senilai sekitar 24 juta dolar AS dan 19 juta dolar AS akan tetap dengan River Plate. Transfer ini dibuat dengan kondisi bahwa Julian akan tetap bermain dengan River Plate hingga Juli 2022 dengan status loan atau pinjaman. 

Sebagai pemain pinjaman di River Plate, Julian menyumbangkan enam gol dengan skor akhir 8-1 pada kemenangan bersejarah River Plate melawan Alianza Lima pada babak final penyisihan grup Copa Libertados.

Ia menjadi pemain pertama River Plate yang mencetak enam gol dalam pertandingan resmi dan pemain kedua dengan jumlah gol terbanyak dalam sejarah Copa Libertadores. 

Babak Baru Bersama Manchester City

Julian Alvarez  Pesepak Bola Muda Pertama yang Pakai Dua Lencana Juara Dunia
(Foto: instagram.com/juliaanalvarez)

Julian memulai pertandingan pertamanya bersama Manchester City melawan Liverpool pada Juli 2022. Meski City kalah dengan skor 3-1 pada pertandingan ini, Julian berhasil menyumbangkan satu gol di pertandingan ini pada menit ke 70.

Kedatangan striker serba bisa dengan sebutan Spider di Manchester City bersamaan dengan transfer Erling Haaland yang sensasional sehingga perannya kerap dianggap sebagai sekunder. Namun, Julian adaptif dan berhasil bermain sesuai dengan gaya bermain Pep Guardiola, sang pelatih The Blues.

Sepanjang 2022, pemain dengan julukan La Arana atau Spider ini bermain dengan Manchester City di semua kompetisi dengan 7 gol yang berhasil tercetak, dan dua gol di antaranya ia buat di Liga Champions. UEFA Champions League dimenangkan oleh tim Julian, Machester City dengan skor 1-0 melawan Inter Milan.

Makin Bersinar dengan Tim Argentina

Julian Alvarez  Pesepak Bola Muda Pertama yang Pakai Dua Lencana Juara Dunia
(Foto: instagram.com/juliaanalvarez)

Setelah mewakili Argentina di berbagai kompetisi junior, mulai dari FIFA U-20 World Cup 2019 dan CONMEBOL Pre-Olympic Tournament di tahun 2020. Penyerang dari Cityzens ini mulai bergabung dengan Timnas Argentina senior dan menjadi bagian dari Argentina saat memenangkan Copa America di tahun 2021.

Julian juga membela Argentina melalui pertandingan kualifikasi Piala Dunia di tahun 2022 dan berhasil mencetak  satu gol pada pertandingan dengan Ekuador. Ia juga berhasil mencetak gol pada pertandingan Argentina melawan Poland yang dimenangkan Argentina dengan skor 2-0.

Sepanjang Piala Dunia Qatar 2022, Julian berhasil menjadi salah satu pemain paling menonjol yang berhasil mencetak 4 gol dalam 7 pertandingan, pencetak gol terbanyak kedua di Timnas Argentina setelah Lionel Messi. Bersama Timnas Argentina Julian berhasil memenangkan Piala Dunia Qatar 2022 setelah menang melawan Prancis pada laga final.  

Baru berusia 23 tahun, Julian telah memenangkan berbagai laga mentereng di kancah sepak bola, yaitu laga Copa América 2021, Finalissima 2022, dan Piala Dunia FIFA 2022. Hal ini menjadikan Julian Alvares menjadi satu-satunya pemain dengan dua lencana juara dunia. Ia merupakan pemain pertama yang berhasil memenangkan Piala Dunia dan treble winners pada satu musim yang sama. [fa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic