politics

Kaesang Ajak Gibran Gabung PSI, Tegaskan Tetap Dukung Prabowo

Penulis Rangga Bijak Aditya
Nov 03, 2023
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat PSI deklarasi dukung bakal capres Prabowo pada Pilpres 2024 di Djakarta Theater, Selasa (24/10/23). (Foto: Instagram/kaesangp)
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat PSI deklarasi dukung bakal capres Prabowo pada Pilpres 2024 di Djakarta Theater, Selasa (24/10/23). (Foto: Instagram/kaesangp)

ThePhrase.id - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep sebut sudah mengajak sang kakak, Gibran Rakabuming Raka untuk bergabung ke partainya.

 “Pak Wali (Gibran) kan jawabannya gitu. ‘Mas mau nggak (gabung PSI)? Mas wali?’ Ya, jawabannya cuma, ya. Udah, Cuma gitu,” kata Kaesang usai mengunjungi posko organ relawan Jokowi, Timbul Sehati Indonesia di Bendungan Hilir, Jakarta, Kamis (2/11) dikutip Antaranews.

Ajakan tersebut diajukan karena belum jelasnya status Gibran sebagai anggota PDI Perjuangan setelah dirinya resmi maju sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) dampingi bakal capres Prabowo Subianto yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Kaesang juga sudah menentukan arah partainya untuk tetap bersama KIM mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal capres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 apa pun keputusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK).

Nggak apa-apa (cawapres berubah), kami tetap di KIM. Mau berubah (atau) nggak berubah, kami tetap (di KIM),”  tegas Kaesang.

Diketahui Ketua MKMK Jimly Asshidiqie menyebutkan 10 persoalan terkait pelanggaran kode etik hakim MK ketika pemeriksaan pelapor pada Selasa (31/10) hingga Rabu (1/11). Salah satunya ialah laporan masyarakat terhadap hakim MK yang tidak mengundurkan diri dalam perkara yang berkaitan dengan anggota keluarganya.

Hasil sidang MKMK tersebut memiliki dampak yaitu syarat ketentuan capres-cawapres yang berpotensi berubah. Namun Kaesang tetap menegaskan bahwa PSI akan tetap memberikan dukungannya kepada Prabowo.

Nggak apa-apa, kami sudah komitmen dengan Prabowo,” imbuhnya.

PSI Tak Ikut Campur Urusan Gibran-PDI Perjuangan

Kaesang Ajak Gibran Gabung PSI  Tegaskan Tetap Dukung Prabowo
PSI deklarasikan dukung bakal capres Prabowo pada Pilpres 2024 di Djakarta Theater, Selasa (24/10/23). (Foto: Instagram/kaesangp)

Sebelumnya pada Rabu (1/11) Kaesang menyatakan pihaknya tidak ikut campur terkait urusan Gibran dengan PDI Perjuangan. Ia menanggapi pernyataan dari Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin yang menyebut jika PDIP memecat Gibran, lantas akan muncul narasi didzalimi.

“Ya balik lagi itu saya kembalikan lagi, itu urusan dapur partai lain, PSI tidak ikut campur tentang itu,” tukas Kaesang di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat.

Namun ia menyatakan PSI sangat terbuka apabila Gibran ingin bergabung dengan partai yang ia ketuai apabila sang Wali Kota Surakarta itu telah resmi keluar dari PDIP.

“Oh iya terbuka sekali kan berkali-kali bilang kalau masuk ke sini sangat terbuka,” tandasnya. (Rangga)

Tags Terkait

 
Related News

Popular News

 

News Topic