trending

KAI Catat Lebih dari 1,7 Juta Penjualan Tiket Mudik Lebaran 1446 H

Penulis Nadira Sekar
Mar 13, 2025
Foto: Ilustrasi Kereta Angkutan Lebaran (dok. KAI)
Foto: Ilustrasi Kereta Angkutan Lebaran (dok. KAI)

ThePhrase.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) mencatat tingginya permintaan layanan kereta api selama periode Angkutan Lebaran 1446 H/2025.

Pada periode angkutan Lebaran yang berlangsung selama 22 hari, mulai 21 Maret hingga 11 April 2025, KAI menyediakan total 4.591.510 tempat duduk. Dari jumlah tersebut, 3.443.832 kursi dialokasikan untuk Kereta Api Jarak Jauh (KA JJ) dan 1.147.678 kursi untuk KA Lokal di Pulau Jawa dan Sumatera.

Vice President Public Relations KAI, Anne Purba mengungkap bahwa hingga 8 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, KAI mencatat penjualan tiket KA Jarak Jauh mencapai 1.716.005 tiket, atau setara dengan 49,83% dari total kapasitas yang tersedia. 

Sementara itu, penjualan tiket KA Lokal mencapai 28.089 tiket atau sekitar 2,45% dari total kapasitas. Rendahnya angka penjualan KA Lokal disebabkan oleh periode pemesanan yang baru dibuka H-30 sebelum keberangkatan, serta sebagian besar tiket KA Lokal baru bisa dipesan pada H-7.

Anne juga menyampaikan bahwa puncak penjualan tiket KA Jarak Jauh terjadi pada H-3 Lebaran, yaitu 28 Maret 2025, dengan 115.498 tiket terjual dalam sehari. Angka ini diperkirakan masih akan terus meningkat seiring berjalannya proses pemesanan tiket.

Berikut adalah daftar 10 Kereta Api Kelas Eksekutif dengan penjualan tertinggi selama Lebaran:

  1. KA Pandalungan (KA 32) relasi Gambir – Jember: 7.884 penumpang
  2. KA Pandalungan (KA 31) relasi Jember – Gambir: 7.402 penumpang
  3. KA Argo Semeru (KA 6) relasi Gambir – Surabaya Gubeng: 5.114 penumpang
  4. KA Argo Merbabu (KA 24) relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng: 4.483 penumpang
  5. KA Argo Semeru (KA 5) relasi Surabaya Gubeng – Gambir: 4.477 penumpang
  6. KA Bima (KA 8) relasi Gambir – Surabaya Gubeng: 4.250 penumpang
  7. KA Taksaka (KA 46) relasi Gambir – Yogyakarta: 4.212 penumpang
  8. KA Manahan (KA 62) relasi Gambir – Solo Balapan: 4.111 penumpang
  9. KA Purwojaya (KA 54) relasi Gambir – Cilacap: 4.098 penumpang
  10. KA Blambangan Ekspres (KA 146) relasi Pasarsenen – Ketapang: 4.072 penumpang

Perlu dicatat, data di atas menunjukkan jumlah penjualan tiket per nomor KA, bukan total volume dari KA yang memiliki beberapa frekuensi perjalanan per hari.

KAI Pastikan Perjalanan Lebaran Lancar

Untuk memastikan perjalanan selama Angkutan Lebaran berjalan lancar, KAI telah mengambil berbagai langkah strategis. Di antaranya adalah optimalisasi petugas di stasiun dan di dalam rangkaian kereta, serta penguatan layanan digital guna mempermudah akses informasi dan pemesanan tiket secara real-time.

KAI juga menempatkan 170 petugas Customer Service Mobile (CSM) di 39 stasiun yang tersebar di berbagai Daerah Operasi (Daop) dan Divisi Regional (Divre). Tim ini bertugas memberikan informasi kepada pelanggan, membantu proses boarding, serta menangani berbagai kebutuhan secara langsung.

Sebagai bagian dari upaya keberlanjutan lingkungan, KAI juga memperluas fasilitas water station di stasiun untuk mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai. Tahun ini, fasilitas tersebut ditambah di empat stasiun baru, yaitu Stasiun Kertapati, Lamongan, Wonokromo, dan Sidoarjo, menjadikan total 28 stasiun yang menyediakan layanan pengisian air minum gratis.

“KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan guna menghadirkan pengalaman perjalanan mudik yang lebih aman, nyaman, dan berkelanjutan bagi seluruh pelanggan. Dengan berbagai inisiatif yang telah kami terapkan, kami optimistis bahwa Angkutan Lebaran tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan pengalaman mengesankan bagi pelanggan kereta api,” tutup Anne. [nadira]

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic