ThePhrase.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan nuansa Ramadan dan Idulfitri yang semakin meriah dengan pemasangan Livery Tematik Idulfitri 1446H pada lokomotif, body eksterior kereta, dan kabin penumpang.
Tematik Livery ini akan menghiasi perjalanan penumpang pada beberapa kereta api unggulan, seperti KA Bima, KA Argo Semeru, KA Argo Wilis, KA Turangga, KA Blambangan Ekspres, KA Gajayana, dan KA Argo Dwipangga.
Livery Tematik Idulfitri resmi diluncurkan pada 14 Maret 2025 di Stasiun Gambir dengan tujuan untuk memberikan pengalaman mudik yang lebih berkesan bagi masyarakat. Acara ini dihadiri oleh Wakil Menteri Ekonomi Kreatif, Irene Umar, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, General Manager Publishing Gramedia Wahyu Raharjo, serta jajaran dari Kementerian Koordinator Infrastruktur dan Kementerian Perhubungan.
Para kreator komik juga tak ketinggalan meramaikan peluncuran ini, seperti Jasmine H. Surkatty, kreator komik GaJelas, dan Seto Buje, kreator Bedil. Kehadiran mereka menegaskan dukungan terhadap industri kreatif lokal serta pentingnya budaya mudik bagi masyarakat Indonesia.
Peluncuran ini juga diikuti seremoni penyerahan mockup komik bertema “Tipe Pemudik” oleh Jasmine H. Surkatty dan Seto Buje kepada Irene Umar. Irene kemudian menyerahkan mockup ini pada Didiek Hartantyo yang menjadi simbol kolaborasi dengan keterlibatan industri kreatif dalam sektor transportasi publik.
“Harapannya, inisiatif ini dapat terus berkembang dan membuka lebih banyak peluang bagi pelaku ekonomi kreatif untuk berkolaborasi dalam menciptakan ekosistem transportasi yang lebih berwarna, inovatif, dan berdaya saing,” ujar Didiek melansir keterangan tertulis, (14/3).
Lebih lanjut, Vice President Public Relations KAI Anne Purba pada kesempatan terpisah menjelaskan bahwa Livery Tematik Ramadan dan Idulfitri tahun ini menampilkan karakter-karakter lucu yang menggambarkan suasana mudik Lebaran dengan kereta api.
Desain unik dari Livery Tematik ini diharapkan dapat memberikan kesan ceria dan bahagia bagi para pelanggan saat melakukan perjalanan mudik. Mengusung tema "Bersama KAI Menyambung Silaturahmi", inisiatif ini diharapkan dapat memberikan pengalaman perjalanan yang lebih berwarna bagi pengguna KAI.
Livery Tematik Idulfitri 1446H menampilkan elemen-elemen khas Ramadan dan Idulfitri, seperti ketupat, masjid, serta motif Islami yang khas. Warna-warna cerah juga digunakan untuk menciptakan nuansa penuh kegembiraan dalam menyambut para pelanggan yang hendak pulang kampung.
Pada body eksterior kereta, terdepat desain yang mengisahkan perjalanan mudik berbagai karakter yang menikmati perjalanan menggunakan kereta api untuk memberikan kesan hangat serta menyebarkan semangat kebersamaan kepada para penumpang.
Tak hanya di bagian luar, desain juga diterapkan pada kabin penumpang untuk menghadirkan atmosfer Ramadan dan Idulfitri yang akan menemani pelanggan sepanjang perjalanan.
Adanya karakter animasi Bedil, Tuti, dan Budi yang telah dikenal luas oleh masyarakat juga diharapkan dapat memberikan kesan dekat kepada penumpang, terutama anak-anak yang sedang dalam perjalanan mudik.
“Dengan livery tematik ini, KAI juga ingin mengajak masyarakat untuk bersama-sama merayakan Ramadan dan Idulfitri dengan penuh kebahagiaan. Momen mudik yang identik dengan silaturahmi diharapkan semakin berkesan dengan sentuhan kreatif dari KAI dan para kolaborator,” jelas Anne. [fa]