ThePhrase.id – Kami. merupakan brand lokal Indonesia yang telah eksis selama 14 tahun dan berhasil mejeng di New York Fashion Week 2024.
Brand modest fashion Indonesia ini didirikan pada tahun 2009 oleh Istafiana Candarini, Nadya Karina, dan Afina Candarini. Ketiga pendiri ini awalnya mendirikan Kami. dengan menciptakan koleksi kecil seperti kalung dan selendang.
Selama 14 tahun eksis dalam industri fesyen Indonesia, Kami. berkembang menjadi koleksi baju dan celana siap pakai yang diminati pasar lokal maupun global.
“Sebagai tanda kesuksesan setelah 14 tahun berdiri, Kami. menunjukkan diri pada pagelaran New York Fashion Week 2024. Bagi Kami. ini menjadi pencapaian baru untuk memasuki pasar mode international,” ungkap Istafiana Candarini atau akrab dipanggil Irin, pada saat NYFW Video Showing, di CGV Pacific Place, Sabtu (18/02), dilansir Kontan.
Berbagai koleksi dari Kami. (Foto: Youtube/Kami Idea)
Dalam gelaran spesial ini, Kami. telah menyiapkan koleksi bernama Charaka yang terinspirasi dari kekayaan lokal, Kain Tapis Lampung. Koleksi ini memiliki garis bersih dan rapi yang membentuk siluet pemakai dengan pendekatan modern.
Ditambah dengan bahan koleksi Charaka yang terbuat dari Kain Tapi, Kain sakral yang berhubungan dengan kehidupan, baik lingkungan maupun Sang Pencipta Alam Semesta. Hal ini sesuai dengan koleksi Charaka yang berhubungan dengan kehidupan sekitar.
Koleksi ini nantinya akan menggambarkan 14 tahun perjalanan brand Kami. dengan motif yang menyerupai anak tangga. Hal ini sesuai dengan perjalanan Kami. yang perlahan berkembang hingga sampai pada titik ini.
Charaka Collection ini sendiri merupakan koleksi dengan kombinasi dari ciri khas Kami.. dipadupadankan dengan New Yorkers Style yang Edgy.
“Sesuai dengan tema Autumn/Winter Collection, Kami. fokus membuat styling yang banyak layer sehingga kesan chic dan modest masih bisa didapatkan dari Charaka Collection ini. Kami. juga menggunakan berbagai bahan pilihan, seperti knit, corduroy, quilted, woven, velvet, denim, tweed, dan organza,” tambah Irin.
Lebih lanjut, Irin menyebut bahwa 14 tahun perjalanan Kami. bukanlah hal yang mudah mengingat perkembangan bisnis dunia modest fashion yang sangat pesat serta positif setiap tahun. Namun, Kami. berhasil menjadi salah satu brand modest yang diminati pecinta fesyen tanah air dan luar negeri.
Kami. Dalam gelaran Jakarta Muslim Fashion Week (Foto: Youtube/Kami Idea)
Sebelumnya, Kami. telah membuktikan eksistensinya dengan mengikuti fashion show ternama seperti Jakarta Fashion Week, Indonesian Fashion Week, hingga kancah internasional yaitu Fashion Kode 2018 di Seoul.
Kini, Kami. hadir dalam NYFW Video Showing yang tidak hanya dihadiri oleh awak media, namun juga KOL (Key Opinion Leaders) dan para #KamiPeople.
“Melalui video showing ini, Kami. ingin memperlihatkan bagaimana perjalanan yang membawa nilai dan kekayaan lokal budaya Indonesia untuk tampil di runway session di Spring Studios Gallery New York. Saat itu Kami. menampilkan 10 looks Charaka Collections kepada para tamu undangan,” imbuh Irin.
Ke depannya, Irin berharap semangat Kami. dapat mendorong brand modest fashion lokal lainnya untuk saling berkolaborasi serta bersama-sama memajukan industri modest fashion Indonesia untuk bersaing menjadi trendsetter dunia global.
Untuk mendukung kesuksesan pagelaran busana tersebut, Kami. juga bekerja sama dengan Tokopedia, HGL modest, Kementerian Perdagangan, Daliatex, Traveloka, Jago Syariah, Lemonilo, Bamed, Java Mifi, TAM ILLI, dan Torenda.
Founder Kami. (Foto: Youtube/Kami Idea)
Alasan yang mendasari Tokopedia mendukung pegiat usaha lokal di industri fesyen muslim seperti Kami. adalah karena Kami. merupakan sosok yang dapat menginspirasi lokal brand lainnya untuk dapat memulai dan membangun bisnis melalui kanal digital untuk bisa merajai tidak hanya di negeri sendiri dan namun juga bisa setara dengan brand kelas dunia,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.
Annisa Hudaya sebagai Founder HGL House juga turut menjelaskan alasan HGL House mendukung Kami. di acara berskala internasional seperti New York Fashion Week adalah karena kesamaan nilai di antara HGL Modest dengan Kami.
“HGL Modest berupaya menjadi jembatan yang menghubungkan simpul positif untuk menjadi pribadi yang lebih baik melalui penampilan yang santun dan modis, serta meningkatkan kualitas hidup, sehingga dapat menyebarkan inspirasi terhadap orang terdekat,” ungkap Founder HGL House, Annisa Hudaya. [fa]