politics

Kampanye di Banjarmasin, Anies Janji Bangun Stadion hingga Rel Kereta Api

Penulis Rangga Bijak Aditya
Dec 06, 2023
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan saat berdialog dengan masyarakat di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (5/12/23). (Foto: Tangkapan layar YouTube/Anies Baswedan)
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan saat berdialog dengan masyarakat di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (5/12/23). (Foto: Tangkapan layar YouTube/Anies Baswedan)

ThePhrase.id - Calon presiden (capres) nomor urut 2 Anies Baswedan kunjungi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sampaikan janji bangun stadion sepak bola bertaraf internasional hingga rel kereta api jika terpilih menjadi Presiden RI.

“Wasaka International Stadium, itu namanya nanti, kepanjangannya Waja Sampai Kaputing. Itu namanya, insyaallah akan bisa dibangun,” ucap Anies saat berdialog dengan masyarakat di Banjarmasin, Selasa (6/12).

Anies mengatakan dirinya menerima data bahwa terdapat klub sepak bola asal Banjarmasin, yaitu Barito Putera yang sudah lima tahun bertanding dengan menggunakan lapangan sepak bola di luar Banjarmasin karena tidak adanya stadion yang sesuai standar di daerah tersebut.

Karena itu, ia bertekad untuk membangun stadion di Banjarmasin agar klub tersebut bisa bermain di markasnya sendiri.

“Mari kita kembalikan Barito Putera untuk bisa bertanding di Banjarmasin ini,” imbuhnya.

Anies yakin rencana itu akan bisa direalisasikan sebagaimana dirinya berhasil membangun Jakarta International Stadium (JIS) ketika masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Kami yakin itu bisa dikerjakan, karena Alhamdulillah kita pernah mengerjakannya di Jakarta, dan kita melawan semua orang yang pesimis bahwa stadion itu bisa dibangun, dan sekarang justru menjadi salah satu stadion terbaik di dunia, itu ada di Jakarta,” paparnya.

Sebelumnya Anies juga menyampaikan rencananya untuk membangun stadion bertaraf internasional di Makassar, bernama Mattoangin International Stadium. Kemudian selain rencananya di Banjarmasin, ia menyebut akan membangun stadion sepak bola di 10 kota di Indonesia.

“Nah itu (kota) diumumkannya nanti, jangan sekarang, satu-persatu,” tukas Anies.

Menurutnya, adanya stadion sepak bola dapat digunakan sebagai wahana mempersatukan bermacam kelompok dalam kegiatan yang diselenggarakan, seperti acara olahraga, seni, budaya, dan lainnya.

Bangun Rel KA Banjarmasin-Banjarbaru

Anies juga menyoroti pembangunan infrastruktur di Banjarmasin, yang menurutnya perlu dibangun perlintasan rel kereta api (KA), dari Banjarmasin hingga Banjarbaru.

Menurutnya, menjadi hal yang rumit apabila masyarakat tidak memiliki akses yang baik jika pembangunan infrastruktur tidak tersedia dari daerah ke pusat.

“Banjarbaru dengan Banjarmasin, ini intensitas lalu lintasnya cukup tinggi. Sebenarnya ini salah satu kawasan yang mungkin perlu kita bangun jaringan rel kereta api antar dua wilayah ini,” pungkas Anies.

Ia ingin memastikan bahwa infrastruktur ke berbagai wilayah di Kalimantan Selatan terjalin dengan baik.

“Kita tidak menginginkan hanya kota yang terbangun, tapi juga kawasan-kawasan kabupaten,” tandasnya. (Rangga)

 
Related News

Popular News

 

News Topic