trending

Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Kemenkes Imbau Masyarakat Kembali Gunakan Masker

Penulis Nadira Sekar
Dec 20, 2023
Foto: Ilustrasi Menggunakan Masker (freepik.com)
Foto: Ilustrasi Menggunakan Masker (freepik.com)

ThePhrase.id - Dalam beberapa waktu belakangan ini kasus Covid-19 di Indonesia kembali meningkat. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melaporkan bahwa jumlah kasus aktif saat ini mencapai 2.070 orang, dengan penambahan 216 kasus baru pada hari Minggu (17/12), yang disertai dengan satu kematian dan kesembuhan 128 pasien.

Untuk menghadapi lonjakan ini, Direktur Surveilans Kekarantinaan Kesehatan Kemenkes, Ahmad Farchanny, mengingatkan masyarakat untuk kembali menggunakan masker, terutama saat berada di transportasi umum atau tempat ramai.

“Protokol kesehatan ini juga kita sampaikan kepada masyarakat dengan kesadarannya mulai kembali pakai masker khususnya di alat angkutan, ketika sudah berada di alat angkut,” kata Ahmad dalam konferensi pers virtual, Jumat (15/12/2023)

Selain itu, Ahmad juga menyarankan agar masyarakat tetap menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat jika mengalami gejala seperti batuk, pilek, demam, atau nyeri tenggorokan.

“Ketika melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan itu juga jangan ragu-ragu dan mengikuti petunjuk dan saran dari dokter untuk mau diperiksa spesimennya, untuk diambil swab-nya baik itu melalui antigen maupun dengan pemeriksaan PCR,” ujar Ahmad.

Kemenkes Perbolehkan Vaksin Booster Ketiga

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, dr. Siti Nadia Tarmizi, mendorong masyarakat untuk mempertimbangkan vaksinasi booster, terutama bagi mereka yang sudah menerima dosis kedua vaksin COVID-19 lebih dari enam bulan yang lalu.

"Iya masyarakat sudah bisa vaksinasi COVID-19 booster ketiga, bebas untuk siapa saja yang suntikan terakhir lebih dari enam bulan," ungkap dr. Nadia dilansir dari detikcom. 

Tidak seperti sebelumnya, masyarakat sekarang bisa langsung datang ke fasilitas kesehatan tanpa harus menunggu tiket vaksinasi COVID-19 lanjutan melalui aplikasi SATUSEHAT.

"Tidak perlu tiket. Nanti akan bisa ke PCare juga dan tercatat, tapi karena mungkin ada yang masih proses, akan dicatat manual," terangnya.

Pemerintah menyebut vaksinasi COVID-19 yang tersedia saat ini hanya vaksin COVID-19 dalam negeri. Namun, masyarakat diimbau tidak perlu khawatir lantaran vaksinnya sudah mendapatkan izin penggunaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI), sehingga terjamin mutu dan keamanannya.

Meskipun demikian, vaksin COVID-19 ini belum dapat diberikan kepada anak-anak atau ibu hamil. Tidak menutup kemungkinan bahwa stok vaksin COVID-19 Pfizer, Moderna, dan jenis vaksin COVID-19 lainnya akan diimpor. Apabila vaksin-vaksin tersebut sudah tersedia, dr. Nadia menyebut bahwa akan kembali dievaluasi untuk mendapatkan izin edar dari BPOM. [nadira]

 
Related News

Popular News

 

News Topic