regional

Kebun Raya Cibinong, Destinasi Piknik di Tepi Danau yang Asri

Penulis Ashila Syifaa
Jan 19, 2024
Suasana di Kebun Raya Cibinong. (Foto: Instagram/kebunrayacibinongofficial)
Suasana di Kebun Raya Cibinong. (Foto: Instagram/kebunrayacibinongofficial)

ThePhrase.id - Selain Kebun Raya Bogor, ternyata ada juga Kebun Raya Cibinong yang dapat menjadi pilihan destinasi untuk berwisata. Kebun Raya Cibinong ini berada dalam kawasan Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN yang terletak di Jalan Raya Jakarta-Bogor Km 46, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Cibinong bukan hanya dikenal sebagai kota yang menjadi lokasi ratusan industri namun juga memiliki Kebun Raya Cibinong yang merupakan pusat konservasi tumbuh-tumbuhan. Secara resmi kebun ini juga disebut Cibinong Science Center Botanical Garden yang memiliki area seluas 189 hektare dan dikelola oleh BRIN.

Berbeda dengan Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibinong mengelompokkan tumbuhan bedasarkan region pulau-pulau besar di Indonesia. Sedangkan, Kebun Raya Bogor menata tumbuh-tumbuhan bedasarkan famili.

Saat ini tumbuhan yang terdapat di kebun raya tersebut dikhususkan untuk tumbuhan tropis Indonesia yang berasal dari Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua. Jumlah koleksi tumbuhannya sendiri sebanyak 1.147 spesimen, yang terdiri atas 86 famili, 328 marga, dan 733 jenis.

Kebun raya ini juga memiliki fungsi sebagai tempat koleksi, pemeliharaan, penangkaran berbagai jenis tumbuhan. Hal ini bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan habitat baru serta melestarikan jenis tumbuhan secara ex-situ di Indonesia. 

Hadirnya kebun raya ini seperti hutan miniatur yang juga dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan dan wisata atau yang sering disebut eduwisata.

Pengunjung juga dapat menikmati beberapa kegiatan di Kebun Raya Cibinong. Salah satunya adalah Piknik di Danau Dora sambil melihat danau dengan latar yang hijau dan terlihat asri. Selain menjadi tempat piknik, lokasi ini bisa menjadi spot foto yang cantik dengan lintasan pejalan kaki berbahan kayu hingga melengkung ke tengah danau. Tak hanya itu, tempat ini dilengkapi dengan jogging track sehingga cocok untuk yang mencari suasana baru yang asri dan sejuk untuk berolahraga.

Kebun Raya Cibinong ini buka setiap hari mulai dari jam 07.00 sampai 17.00 WIB. Harga tiket cukup terjangkau dengan tiket masuk hanya Rp15.000 untuk hari biasa dan Rp25.000 untuk akhir pekan.

Sedangkan, bagi yang membawa kendaraan pribadi terdapat tarif parkir mulai dari Rp 3.000 untuk parkir sepeda, mulai dari Rp 5.000 untuk parkir motor, mulai dari Rp 10.000 untuk parkir mobil, dan mulai dari Rp50.000 untuk parkir bus. [Syifaa]

 

 
Related News

Popular News

 

News Topic