trending

Kemajuan MRT Jakarta Fase 2A Lampaui Target Hingga Akhir 2025

Penulis Nadira Sekar
Dec 03, 2025
Foto: Pengerjaan MRT Jakarta Fase 2A (dok. PT MRT Jakarta (Perseroda))
Foto: Pengerjaan MRT Jakarta Fase 2A (dok. PT MRT Jakarta (Perseroda))

ThePhrase.id - Pembangunan MRT Jakarta Fase 2A menunjukkan progres signifikan. Hingga November 2025, capaian konstruksi telah mencapai 55 persen, melampaui target akhir tahun sebesar 53,29 persen.

Fase 2A akan menghubungkan Bundaran HI sampai Kota dengan panjang sekitar 5,8 kilometer dan terdiri dari tujuh stasiun bawah tanah yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota. Proyek ini terbagi menjadi dua segmen. Segmen Bundaran HI sampai Harmoni ditargetkan beroperasi pada tahun 2027. Segmen Harmoni sampai Kota ditargetkan selesai pada tahun 2029.

Biaya pembangunan fase 2A mencapai sekitar Rp25,3 triliun melalui kerja sama pinjaman antara Pemerintah Indonesia dan Jepang. Sementara Fase 2B yang akan melanjutkan jalur dari Kota menuju Depo Ancol Barat masih berada pada tahap studi kelayakan.

Progres Paket CP201: Thamrin dan Monas

Paket CP201 telah mencapai 90,77 persen, melampaui target 89,52 persen. Di Stasiun Thamrin, yang merupakan stasiun terpanjang dengan panjang 440 meter serta memiliki sembilan pintu masuk, pekerjaan utama meliputi persiapan bored pile, pemasangan sheet pile, penggalian struktur, instalasi eskalator, serta pembangunan dinding entrance untuk area cooling tower dan ventilation tower. Stasiun ini nantinya akan menjadi titik transit untuk jalur timur dan barat.

Di Stasiun Monas, pekerjaan meliputi reinstatement entrance, pengecoran dinding dan atap, penyelesaian arsitektur koridor, instalasi rangka kaca elevator, pekerjaan chemical grouting di area docking TBM Stasiun Harmoni, pemasangan travelator dan eskalator, serta uji parsial peralatan MEP. Kedua stasiun pada paket ini ditargetkan beroperasi pada tahun 2027.

Progres Paket CP202: Sawah Besar dan Mangga Besar

Paket CP202 mencatat progres 60,20 persen dari target 55,78 persen. Pekerjaan utama meliputi pemotongan king post, pengecoran kolom permanen, initial drive TBM 1 dari Sawah Besar ke Mangga Besar, serta perakitan TBM 2 di sisi utara Stasiun Sawah Besar.

Progres Paket CP203: Glodok hingga Kota

Pada November 2025, progres CP203 mencapai 79,20 persen dari target 79,99 persen. Pekerjaan yang berjalan meliputi pembangunan struktur kolom entrance, pekerjaan backfilling, serta pemasangan hanging wall untuk platform screen doors. Di Stasiun Glodok, tim juga sedang mempersiapkan breakthrough TBM 1 menuju Stasiun Mangga Besar.

Progres Paket Rel dan Sistem (CP205 hingga CP207)

CP205, yang mencakup sistem perkeretaapian dan rel, telah mencapai 29,59 persen dan melampaui target 20,69 persen. Saat ini pembangunan berfokus pada penyelesaian produksi cable tray perangkat persinyalan di segmen Bundaran HI sampai Monas, serta pekerjaan test pit dan pembangunan saluran kabel tegangan tinggi 150 kilovolt.

Untuk CP206, kontrak pengadaan delapan rangkaian kereta telah ditandatangani dengan Sumitomo Corporation. Pada paket CP207, yaitu sistem pembayaran atau automatic fare collection system, proses klarifikasi dokumen tender masih berlangsung. [nadira]

Artikel Pilihan ThePhrase

- Advertisement -
 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic