ThePhrase.id – Seiring dengan komitmen mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, Panorama Media kembali menyelenggarakan pameran Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) pada tanggal 5-7 Mei 2023, di Hall D2 Jakarta International Expo Kemayoran.
Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tetap tinggi pada angka 5,01% di tengah tren lambatnya pertumbuhan ekonomi global juga menjadi dorongan digelarnya FLEI Expo.
Pada gelaran edisi ke-20 ini, FLEI Expo akan tampil beda dengan berbagai inovasi menarik seperti business conference, networking session, dan berbagai inovasi lain.
Gelaran ini juga akan menghadirkan lebih banyak brand waralaba dari berbagai industri maupun brand retail solution yang lebih variatif dari tahun-tahun sebelumnya. License Pavilion dalam pameran ini nantinya akan diramaikan dengan brand-brand lisensi dengan peran yang lebih besar dari edisi sebelumnya.
Franchise & License Expo Indonesia (Foto: thephrase.id)
“Memang sudah menjadi visi kami untuk bisa membuat acara conference di mana ini menjadi suatu gerakan FLEI untuk tak hanya menjadi tempat mencari kesempatan untuk berbisnis, tetapi juga akan berguna untuk pengembangan bisnis,” ungkap Presiden Direktur Panorama Media, Royanto Handaya pada Press Conference FLEI Expo ke-20, Jumat, 14 April 2023.
Business Conference & Networking Session
FLEI edisi ke-20 menjadi edisi pertama pameran FLEI menghadirkan conference tertutup bagi para pelaku bisnis untuk membahas dan memperluas wawasan mengenai industri waralaba maupun business management.
Mengusung tema “Grab-Run-Grow”, conference ini akan mengupas proses berbisnis lebih dalam lagi dengan narasumber yang telah expert di bidangnya.
Berbagai bahasan yang akan diangkat antara lain strategi potensial untuk memulai bisnis, tips menjalankan bisnis secara benar, tata cara pengembangan bisnis dari menghitung resiko, hingga mengelola untuk tetap menjaga kualitas produk dari brand yang akan diusung.
“Pemahaman mengenai bagaimana cara memulai dan juga menjaga bisnis waralaba memang sangat penting untuk didiskusikan, agar para calon pelaku bisnis tidak hanya tergiur dari seberapa cepat mendapatkan balik modal (BEP) tetapi juga harus mampu mengembangkan dan menjalankan bisnis tersebut,” ungkap Ketua Franchise Academy Indonesia, Burang Riyadi.
Animo yang tinggi pada program BizMatch FLEI tahun kemarin, mendorong FLEI kali ini menghadirkan beberapa networking session untuk para pengunjung dan juga exhibitor secara offline.
Networking session ini akan dihadiri Troy Franklin, agen franchise berskala internasional. Troy akan turut hadir dan memperkenalkan beberapa bisnis waralaba internasional. Program ini diadakan untuk para exhibitor, partner, VIP invitation, dan juga narasumber sebagai wadah berdiskusi lebih lanjut dalam satu forum eksklusif.
Brand Lisensi Lokal Dan Internasional
Press Conference Franchise & License Expo Indonesia (Foto: thephrase.id)
Salah satu strategi pengembangan bisnis serta peningkatkan eksistensi sebuah brand adalah melalui kolaborasi lisensi. Sadar akan kebutuhan tersebut, FLEI bekerjasama dengan Provaliant Group untuk mempromosikan dan memperluas brand lisensi seperti bumi langit, Spy x Family, Line Friends, MNC, Ultraman, Dino Island, Adhya Pictures, dan lain-lain.
“Sudah banyak case study kolaborasi lisensi antara brand dan juga IP yang membuktikan dapat meningkatkan sales and revenue yang pesat pada brand yang menerapkan strategi ini,” kata Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), Tri Raharjo.
Pengunjung dapat bertemu langsung dengan brand representative dari setiap IP untuk menanyakan lebih lanjut mengenai sistem kerjasama secara offline maupun via program BizMatch FLEI.
Bonus Berkunjung ke Indonesia Coffee Festival
FLEI EXPO edisi ke-20 kali ini juga menggandeng pameran Indonesia Coffee Festival dan Cafe & Brasserie Expo yang akan di selenggarakan di JIExpo Hall D1 pada tanggal yang sama.
Penggabungan kedua pameran ini akan menjadi keuntungan lebih untuk para exhibitor dan juga visitor yang ada di FLEI EXPO maupun Cafe Brasserie Expo Indonesia dan juga Indonesia Coffee Festival.
Pameran Indonesia Coffee Festival dan juga Cafe & Brasserie Expo adalah pameran B2C dan B2B khusus bagi cafe owners, entrepreneur, investor, serta pelaku food and beverage industry.
“Memang dibutuhkan suatu ekosistem dalam dunia usaha untuk bisa meningkatkan perekonomian di Indonesia, di mana dalam ekosistem tersebut dapat mencakup semua sektor usaha yang bisa membantu kegiatan bisnis, perdagangan dan juga investasi,” kata Levita G Supit selaku Ketua Komite Tetap bidang Waralaba, Lisensi & Kemitraan, Kadin Indonesia
Pengunjung FLEI akan mendapatkan bonus tersendiri untuk bisa mengunjungi tiga pameran sekaligus hanya dengan satu tiket. Pengunjung dapat menghadiri pameran bisnis sekaligus menikmati festival kopi dengan berbagai acara hiburan yang menarik.
Bagi yang tertarik ingin mengunjungi FLEI dapat membeli tiket seharga Rp55.000 yang dapat digunakan selama tiga hari pameran berlangsung. Pameran ini dibuka untuk umum pada tanggal 5 – 7 Mei di Jakarta International Expo (JIExpo) Hall D2 pukul 09.00 – 20.00 WIB. [fa]