Kerja Sama dengan Pemkot Surakarta, Shopee Gelar Java in Paris Pamerkan Budaya Indonesia

- Advertisement -spot_imgspot_img

ThePhrase.id – Shopee bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris dan Le BHV Marais Paris menghadirkan Java in Paris untuk pamerkan budaya Indonesia serta produk-produk UMKM.

Hal ini juga merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Surakarta olo mengenalkan produk lokal Indonesia ke pasar Internasional.

Tentunya yang menjadi sasaran dalam pameran tersebut adalah pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya dan membukan peluang bisnis ekspor. Tak hanya itu, gelaran tersebut juga sebagai upaya dalam mendorong UMKM yang mengalami kesulitan beberapa tahun terakhir karena adanya pandemi Covid-19.

Gelaran seni di Shopee Java in Paris. (Foto: Instagram/ dinkopukmperinsurakarta)

Dengan adanya acara Java in Paris ini diharapkan dapat menarik kembali konsumen terutama konsumen internasional dan menaikan kembali penjualan UMKM.

Acara yang digelar di Le BHV Marais Paris merupakan deretan department store di Galeries Lafayette yang sangat terkenal di Paris. Gelaran Shopee Java in Paris ini memiliki tema Indonesia De Java yang berlangsung dari tanggal 8 Juni hingga 17 Juni 2022.

Pada pembukaan acara tersebut warga Paris menyambut penampilan meriah dari Anggun C. Sasmi yang membawakan sinden Jawa dan Eko Supriyanto. Tak hanya penampilan meriahnya, warga Paris juga tertarik dengan produk UMKM yang dipamerkan.

Java in Paris
Penampilan Anggun C. Sasmi di Paris. (Foto: Instagram/ dinkopukmperinsurakarta)

Tentunya produk yang paling ditonjolkan adalah Batik Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya. Tak hanya itu Pemerintah Kota Surakarta membawakan 700 UMKM lebih dalam bidang batik, fashion dan handcraft dalam pameran tersebut.

Acara Shopee Java in Paris merupakan lanjutan dari program Shopee dengan Pemerintah Kota Surakarta yaitu Kampus UMKM Shopee Ekspor yang berhasil membawa 10.000 lebih UMKM Solo melakukan ekspor dalam jangka waktu satu tahun.

“Java in Paris menjadi sebuah pencapaian baru bagi UMKM lokal agar bisa dikenal dan diminati di pasar Eropa. Melalui produk-produk UMKM ini, kita juga bisa memperkenalkan cerita dan nilai budaya meskipun ini hanya bagian kecil dari budaya Indonesia yang begitu luar biasa,” jelas Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming dilansir dari Kompas.com.

Semoga dengan adanya pameran Shopee Java in Paris produk UMKM kebanggan Indonesia dapat lebih dikenal dan diminati oleh konsumen global. [Syifaa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you