Keutamaan Sedekah

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Sedekah merupakan salah satu amal saleh yang dicintai oleh Allah Swt. Sedekah memiliki banyak keutamaan. Anjuran untuk menjalankan amalan sedekah dapat ditemui dalam ayat-ayat Al-Quran, salah satunya adalah QS: Ali Imran:92,

لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتّٰى تُنْفِقُوْا مِمَّا تُحِبُّوْنَ ۗوَمَا تُنْفِقُوْا مِنْ شَيْءٍ فَاِنَّ اللّٰهَ بِهٖ عَلِيْمٌ

“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahui.” (Surat Al-Imran: 92)

Sedekah. (Sumber: orami.co.id)

Sedekah yaitu memberikan kepada orang yang membutuhkan, semata-mata hanya mengharap ridha dari Allah Swt. Sedekah dilakukan dengan hati yang ikhlas, bukan karena ingin pamer ataupun mengharapkan balasan atau pamrih.

Sedekah bukan hanya berbentuk uang, barang, ataupun makanan. Namun sedekah bisa juga dilakukan dalam bentuk non materi. Misalnya, mengajarkan pengetahuan, membagikan ilmu, membantu dengan tenaga, bahkan senyuman kepada orang lain juga termasuk ke dalam sedekah.

Rasulullah Saw bersabda,

تَبَسُّمُكَ فِى وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ

“Senyumanmu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu.” (HR Tirmidzi).

Perintah dan anjuran dalam agama Islam bukanlah sekadar anjuran tanpa maksud dan tujuan. Sama halnya sedekah, terdapat maksud, keutamaan, dan manfaat yang sangat besar untuk orang lain dan juga tentunya untuk diri sendiri, kelak untuk kehidupan di hari perhitungan.

Berikut ini beberapa keutamaan sedekah yang tercantum dalam ayat Al-Quran dan juga hadits Rasulullah Saw.

  1. Sedekah Memadamkan Murka Allah Swt.

Rasulullah Saw. bersabda:

صِلَةُ الرَّحِمِ تَزيدُ في العُمْرِ ، و صَدَقةُ السِّرِّ تُطفِئُ غضبَ الرَّبِّ

Silaturahim itu akan memanjangkan usia dan sedekah yang dilakukan secara rahasia akan memadamkan kemurkaan Allah.”

  1. Sedekah Menghapus K

Sabda Nabi SAW:

الصدقةُ تُطفِئُ الخطيئةَ كما يُطفئُ الماءُ النارَ

Sedekah itu akan menghapus kesalahan sebagaimana air memadamkan api.”

  1. Orang yang Suka Bersedekah Senantiasa Berada di Bawah Naungan Sedekahnya di Hari Kiamat Kelak.

Rasulullah Saw. menyebutkan bahwa salah satu dari 7 golongan yang akan mendapatkan naungan pada hari kiamat ketika tidak ada naungan kecuali naungan Allah adalah,

رَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِينُهُ

Orang yang bersedekah dengan suatu sedekah lalu dia menyembunyikan sedekah tersebut sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang telah disedekahkan oleh tangan kanannya.” (dalam Shahih Al-Bukhari dan Muslim)

  1. Di dalam sedekah itu terdapat obat penyembuh bagi penyakit-penyakit fisik.

Hal ini sebagaimana hadits dari sahabat Abu Umamah Al-Bahili RA bahwa Rasulullah Saw. bersabda,

 دَاوُوا مَرضاكُمْ بِالصَّدقةِ

Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah

Seorang ulama di masa Tabi’ut Tabi’in, bernama Ibnu Mubarak, ditanya oleh seorang laki-laki yang terkena sakit berupa luka bernanah yang keluar dari lututnya, yang telah ia derita selama 7 tahun lamanya. Laki-laki tersebut telah mencoba berbagai upaya untuk mengobati lututnya dan bertanya kepada para dokter, namun semua itu belum membuahkan hasil sama sekali.

Lantas Ibnul Mubarak berkata, ”Pergilah! Galilah sumur di tempat yang (penduduknya) membutuhkan air. Sungguh aku berharap di tempat tersebut akan ada sumber air dan darahmu yang berupa nanah yang keluar dari lututmu akan terhenti. Maka orang tersebut melakukannya dan akhirnya dia sembuh.” (Shahih At-Targhib)

(Z. Ibrahim)

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you