leader

Kisah Devy Anastasia Founder Bohopanna, Brand Pakaian Anak Lokal yang Mendunia

Penulis Firda Ayu
Dec 24, 2023
(Foto: instagram.com/devynatalia)
(Foto: instagram.com/devynatalia)

ThePhrase.id - Para bunda atau orang tua pasti sudah tak asing lagi dengan jenama fashion bayi dan anak, Bohopanna. Di balik brand Bohopanna yang mendunia, ada sosok hebat Devy Anastasia yang merupakan CMO dan Founder Bohopanna.

Devy mendirikan BohoPanna dengan nama Boho Baby saat ia sedang hamil anak pertama pada tahun 2017. Ia kemudian menggandeng rekannya Irene dan mengawali bisnisnya dengan modal tabungan Rp15 juta serta uang hasil menjual rumah Rp600 juta dan mobil Rp300 juta.

Berdirinya Bohopanna berangkat dari keresahan Devy yang kesusahan dalam menemukan merek pakaian anak daily wear untuk bayi baru lahir dengan kualitas bagus dan harga terjangkau. Membeli di shopping mall harganya akan sangat mahal sehingga ia sering membeli pakaian dari luar negeri untuk anaknya.

"Sebenarnya karena susah cari baju anak sih waktu itu, jadi kayak di mana-mana nggak ada gitu yang aku inginkan, yang range harga yang aku inginkan, trus look yang aku inginkan, gitu sih. Sesimple itu. Jadi bisa dibilang, ini kegelisahan pribadi," ungkap Devy dilansir FIMELA.

Kisah Devy Anastasia Founder Bohopanna  Brand Pakaian Anak Lokal yang Mendunia
(Foto: instagram.com/devynatalia)

Devy merintis Bohopanna di tengah kewajibannya sebagai ibu dengan mengatur waktunya dengan baik. Ia menggunakan siang hari untuk mengurus anaknya dan bekerja dari tengah malam hingga subuh.

Perempuan yang sebelumnya menekuni dunia properti untuk membuat dessert table ini memulai bisnis dengan memproduksi basic clothes untuk bayi dan anak. Ingin membuat produk yang berkualitas, Devy mengimpor bahan baku produksinya seperti kapas dari luar negeri.

Meski mengimpor bahan baku produksi dari luar negeri, Devy melakukan proses lanjutan seperti pemintalan dan produksi menjadi kain di dalam negeri dengan konveksi yang tersebar di area Jawa Tengah, seperti Sukoharjo dan Ungaran.

Bahkan, di awal merintis Devy jugalah yang mendesain berbagai pakaian Bohopanna dari mulai menggambar hingga membuat pola. Memulai bisnisnya di Semarang, Devy mengaku bahwa ia tidak menjual pakaian yang ia produksi ke orang-orang terdekatnya.

Perempuan kelahiran 8 Desember 1989 ini mengandalkan marketplace Instagram agar orang-orang dapat dengan obyektif menilai produk-produk Bohopanna. Usahanya membuahkan hasil karena Bohopanna makin dikenal sebagai merek lokal pilihan untuk pakaian anak.

Kisah Devy Anastasia Founder Bohopanna  Brand Pakaian Anak Lokal yang Mendunia
Devy pada Anniversary Bohopanna ke-6 (Foto: instagram.com/bohopannaofficial)

Menurut Devy, hal ini karena Bohopanna mampu menjadi game changer dalam dunia pakaian anak, terutama dalam hal harga yang sangat berbeda dengan produk pakaian anak luar negeri. Telah memiliki ratusan ribu pengikut di berbagai platform marketplace, Bohopanna berhasil menghadirkan berbagai macam koleksi pakaian bayi dan anak yang stylish dan dengan kualitas premium yang dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Keberhasilan Devy dalam membesarkan Bohopanna berhasil membawanya mempekerjakan lebih dari 200 karyawan tetap hingga bekerja sama dengan 5.000 penjahit yang tersebar di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Devy berhasil mengembangkan Bohopanna tak hanya di berbagai platform marketplace tetapi juga melalui 6 gerai offline Bohopanna di berbagai kota mulai dari Jakarta, Makassar, Surabaya, Batam, hingga Bali.

Berhasil membawa bisnisnya melewati pandemi COVID-19 dengan baik, Devy juga melebarkan sayap Bohopanna hingga ke mancanegara, dengan flagship store yang terletak di Spanyol, Belanda, London, Jerman, Dubai, hingga Amerika. 

Tak berhenti melakukan inovasi, Devy ingin mengembangkan Bohopanna dengan menghadirkan produk fashion anak yang lebih modis tapi dengan harga yang tetap terjangkau hingga mengeluarkan sportwear anak. [fa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic