lifestyle

Konflik HYBE dan ADOR Bawa Nama NewJeans dan ILLIT, Bagaimana Kronologinya?

Penulis Firda Ayu
Apr 23, 2024
(Foto: upload.wikimedia.org & twitter.com/alldoorsoneroom)
(Foto: upload.wikimedia.org & twitter.com/alldoorsoneroom)

ThePhrase.id - Konflik antara HYBE Corporation dengan salah satu agensinya, ADOR kian memanas pasca keluarnya hasil audit dari HYBE yang dibalas dengan pernyataan ADOR. Pernyataan ini makin memantik permasalahan karena membawa dua nama girl group terkenal dari HYBE, yaitu NewJeans dan ILLIT.

Bagaimanakah kronologi permasalahan label yang didirikan oleh Bang Si Hyuk ini?

ADOR Berusaha Lepas dari HYBE serta Penyelewengan ADOR

Konflik kekuasaan antara HYBE dan ADOR mulai terkuak ke publik usai penyelidikan internal yang dilakukan HYBE kepada ADOR. Melalui penyelidikan ini HYBE melaporkan bahwa pihaknya menemukan bukti jika Min Hee Jin selaku CEO ADOR berusaha untuk membawa ADOR keluar dari labelnya, HYBE.

“Penyelidikan terhadap eksekutif ADOR karena kecurigaan mencoba merebut kendali manajemen,” ungkap pihak HYBE dilansir Korea JoongAng Daily.

ADOR sendiri didirikan pada tahun 2021 di bawah naungan label HYBE dengan Min Hee Jin sebagai CEO-nya. Diketahui, HYBE sendiri memegang kendali managemen dengan saham sebesar 80%, sementara Hee Jin dan eksekutif ADOR lainnya hanya memegang 20% saham.

Berusaha keluar dari HYBE, para eksekutif ADOR ini berkonsultasi dengan pihak eksternal dan berusaha menekan HYBE agar menjual sebanyak 80% saham mereka di ADOR. 

Konflik HYBE dan ADOR Bawa Nama NewJeans dan ILLIT  Bagaimana Kronologinya
Pendiri HYBE, Bang Shi Hyuk (Foto: instagram.com/hitmanb72)

Dilansir IDNTimes, selain berusaha membuat HYBE tidak memiliki kendali atas ADOR. Mereka juga diduga memanipulasi opini publik agar HYBE terlihat berbuat tidak adil kepada ADOR. Kabarnya, mereka juga telah menghubungi orangtua member NewJeans untuk memihak ADOR dan Min Hee Jin. 

Selain itu, para eksekutif ADOR ini juga diduga secara sengaja membocorkan sejumlah informasi kepada pihak eksternal, salah satunya kontrak ADOR dan HYBE.

ADOR Bocorkan Informasi Pribadi NewJeans

Salah satu yang membuat publik kecewa adalah laporan HYBE mengenai ADOR yang membocorkan informasi artis-artisnya ke pihak eksternal, dalam hal ini NewJeans yang merupakan artis satu-satunya di bawah naungan ADOR.

Lebih lanjut, para eksekutif ADOR juga membocorkan informasi pribadi, rekam medis, konten-konten pre-debut para member NewJeans, hingga dituduh membocorkan informasi internal para karyawannya.  

ADOR Sebut ILLIT Plagiat dari NewJeans

Konflik HYBE dan ADOR Bawa Nama NewJeans dan ILLIT  Bagaimana Kronologinya
CEO ADOR, Min Hee Jin (Foto: instagram.com/min.hee.jin)

Menanggapi laporan HYBE terkait penyelewengan yang mereka lakukan, Min Hee Jin justru mengeluarkan statemen yang menyebut bahwa perseteruan mereka karena Bang Si Hyuk sebagai pendiri HYBE telah melakukan plagiasi kepada New Jeans melalui girlband terbaru HYBE, yaitu ILLIT.

“Situasi memalukan ini diperburuk oleh Bang Si Hyuk yang mengontrol album debut ILLIT. Kesamaan antara ILLIT dan NewJeans tak hanya kebetulan namun merupakan langkah yang diperhitungkan oleh Belift Lab dan HYBE, yang mengabaikan pencapaian dan kerja keras orang lain demi mengejar keuntungan jangka pendek,” pernyataan Min Hee Jin dilansir AllKpop.

Murkanya K-Netz

Pernyataan Min Hee Jin yang menuding ILLIT meniru NewJeans memicu kekecewaan dari netizen Korea Selatan. Hal ini karena pernyataan CEO ADOR tersebut tidak menyinggung penyelewengan ADOR dalam hasil audit HYBE dan justru membahas artis lain yang tidak berhubungan dengan masalah utama antara agensi dan label ini.

Fans juga mempermasalahkan ADOR yang menyebarkan informasi pribadi artisnya yang mayoritas masih di bawah umur tersebut (NewJeans).

Min Hee Jin Diminta Mundur dari Jabatan oleh HYBE

Korea JoongAng Daily mengungkap bahwa menghadapi berbagai tuduhan tersebut, Min Hee Jin membantahnya dan mengatakan bahwa ia tidak berniat mengambil kendali manajemen atas ADOR atau bertemu dengan investor.

Selain itu, ia juga mengklaim bahwa HYBE mencoba memecatnya pasca penyataannya bahwa ILLIT meniru konsep dari NewJeans. [fa]

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic