lifestyleCoffee

Kopi dengan Oat Milk Makin Populer, Apa Kelebihannya?

Penulis Firda Ayu
Aug 14, 2023
Ilustrasi Oat Milk Coffee (Foto: coffeeaffection.com)
Ilustrasi Oat Milk Coffee (Foto: coffeeaffection.com)

ThePhrase.id – Dengan populernya konsumsi kopi, masyarakat mulai mencari berbagai alternatif sehat yang cocok untuk diet tertentu, salah satu yang populer adalah kombinasi kopi dengan oat milk atau susu oat. 

Mengapa oat milk populer di kalangan pecinta kopi dan apa kelebihannya? 

Oat milk merupakan susu yang terbuat dari gandum atau oat yang diblender dengan air kemudian disaring. Selain susu kedelai dan almond, susu oat juga sering dijadikan alternatif bagi mereka yang tidak dapat mengonsumsi susu sapi atau yang menjalani diet vegan.

Susu ini juga merupakan susu bebas laktosa dan dijadikan pilihan bagi mereka yang alergi susu, kacang-kacangan, hingga intoleransi laktosa. Dilansir Otten Coffee, oat milk bahkan dinilai jauh lebih baik dibanding dengan susu non-dairy pendahulunya, seperti almond milk dan soy milk jika dikombinasikan dengan kopi.

Kopi dengan Oat Milk Makin Populer  Apa Kelebihannya
(Foto: stories.starbucks.com)

Hal ini karena almond dinilai menyerap air lebih banyak sedangkan soy atau kedelai cenderung mengubah tekstur kopi jika kopi tidak langsung dikonsumsi atau dibiarkan terlalu lama. Bagi para barista, oat milk juga dinilai memberikan struktur dan foam yang lebih baik saat dipanaskan.

Namun, perlu diketahui bahwa oat milk lebih cepat panas dibandingkan dengan susu sapi sehingga barista perlu memerhatikan suhu saat memanaskan oat milk menjadi busa. Coffeeaffection menyarankan barista untuk mendiamkan steamed oat milk sebentar sebelum menggunakannya agar terdapat balance antara kopi dan oat milk. 

Rasa dari oat milk sendiri juga dinilai tidak jauh berbeda apabila dikombinasikan dengan kopi. Oat milk memiliki rasa yang sedikit manis dengan after taste oat yang tidak terlalu kuat. Hal ini menjadikan kopi dengan susu oat memiliki rasa yang cukup unik dan makin digemari pecinta kopi di Indonesia.

Kopi dengan Oat Milk Makin Populer  Apa Kelebihannya
(Foto: firstpresscoffee.com)

Kandungan gizi pada susu oat juga juga dinilai sehat. Oat milk tidak mengandung gula dan kolestrol serta memiliki kandungan sodium yang sangat rendah. Proses produksi oat milk yang lebih sederhana dan tidak melibatkan kandungan kimia juga membuat nutrisi yang terkandung dalam oat milk tidak banyak berubah.

Selain berbagai kelebihan di atas, proses oat milk yang lebih sederhana juga dinilai tidak begitu merusak lingkungan dan dianggap lebih berkelanjutan bahkan jika dibandingan dengan sumber susu tradisional. 

Makin populer, kini oat milk banyak tersedia di berbagai kedai kopi sebagai salah satu pilihan susu non-dairy. Tak hanya itu, bahkan oat milk coffee siap minum kini juga mudah ditemukan di supermarket atau minimarket.

Gimana, sudah pernah mencoba oat milk coffee? [fa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic