politics

KPU Bolehkan Cawapres Gunakan Kertas dan Pena saat Debat serta Larang Gimik

Penulis Rangga Bijak Aditya
Dec 22, 2023
Konferensi pers KPU RI jelang pelaksanaan debat cawapres di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (21/12/23). (Foto: Instagram/kpu_ri)
Konferensi pers KPU RI jelang pelaksanaan debat cawapres di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (21/12/23). (Foto: Instagram/kpu_ri)

ThePhrase.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tetapkan debat calon wakil presiden (cawapres) di Jakarta Convention Center (JCC) pada Jumat (22/12) akan ada podium dan bolehkan peserta gunakan alat bantu berupa kertas dan bolpoin atau pena. 

“Di podium itu diberikan kesempatan untuk menyiapkan alat tulis, (berupa) bolpoin dan kertas,” ucap Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (21/12) dikutip Antaranews.

Debat cawapres ini merupakan debat kedua dari agenda debat capres-cawapres Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang direncanakan diselenggarakan sebanyak lima kali.

Alat tulis yang boleh digunakan tersebut nantinya akan diletakkan di podium masing-masing cawapres saat debat dimulai. Lain dari itu, seperti telepromter, computer tablet, dan semacamnya tidak boleh dibawa ke podium.

Hasyim juga meminta kepada peserta debat untuk tidak melakukan gimik selama proses debat berlangsung, ia menegaskan akan memberi teguran apabila ada yang tidak tertib.

“Karena situasi di dalam area perdebatan tentu juga berpengaruh kepada aspek emosional, psikologi dari masing-masing pihak, itu juga kita bahas (saat evaluasi) dan kita sepakati supaya hal-hal yang oleh ketentuan yang sudah disepakati bersama itu tidak dilakukan lagi,” jelasnya.

Pada debat kedua capres-cawapres ini, yang berkesempatan untuk menyampaikan visi-misi ialah cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka.

Debat cawapres mungusung tema ekonomi (kerakyatan dan digital), investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Format debat tidak berbeda dari debat pertama, yakni berdurasi total 150 menit yang terbagi ke dalam enam segmen.

Tetapkan Moderator dan 11 Panelis

KPU telah menunjuk moderator yang akan memimpin jalannya debat sebagai pemandu, penengah, penjembatan, dan pengendali debat yakni Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa.

Selain itu KPU juga telah menetapkan 11 sosok yang berasal dari berbagai universitas terkemuka dan peneliti di lembaga kajian ekonomi, yang menjadi panelis pada debat cawapres ini.  Para panelis meliputi Ahmad Alamsyah Saragih, Adhitya Wardhono, Agustinus Prasetyantoko, Profesor Fauzan Ali Rasyid, Hendri Saparini, Profesor Hyronimus Rowa, Poppy Ismalina, Retno Agustina Ekaputri, Profesor Suharnomo, Tauhid Ahmad, dan Yose Rizal Damuri.

Sebanyak 2.464 personel anggota kepolisian disiapkan untuk mengamankan proses debat cawapres di JCC, Jakarta. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisni Andiko merinci jumlah personel tersebut yaitu 166 personel Satgaspus, 298 persenoal Satgasres, dan 2.000 personel Satgasda. (Rangga)

 
Related News

Popular News

 

News Topic