politics

KPU Nyatakan 99% Surat Suara Telah Disortir dan Dilipat, Selesai 1 Februari 2024

Penulis Rangga Bijak Aditya
Jan 26, 2024
Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari  saat hadiri pelantikan petugas KPPS se-Indonesia di Jakarta, Kamis (25/1/24). (Foto: Instagram/kpu_ri)
Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari saat hadiri pelantikan petugas KPPS se-Indonesia di Jakarta, Kamis (25/1/24). (Foto: Instagram/kpu_ri)

ThePhrase.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari menyatakan sekitar 99% lebih surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 saat ini telah disortir dan dilipat, kemudian akan dikemas dan dimasukkan ke dalam kotak suara sebelum disebarkan.

“Dalam waktu yang tidak terlalu lama, awal Februari akan segera didorong supaya pada waktu yang telah ditentukan H-1 atau satu hari sebelum hari pemungutan suara, kotak suara yang berisi alat-alat perlengkapan, pemungutan dan penghitungan suara sudah tiba di TPS (tempat pemungutan suara) masing-masing,” ucap Hasyim usai menghadiri acara pelantikan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se-Indonesia untuk Pemilu 2024 di Jakarta, Kamis (25/1) dikutip Antaranews.

Menurut Ketua KPU, total sebanyak 5.741.127 petugas KPPS dilantik, untuk bertugas selama proses Pemilu di 820.161 tempat pemungutan suara (TPS). Nantinya, akan ada tujuh orang petugas KPPS yang bertugas di setiap TPS yang ada.

Hasyim mengingatkan kepada petugas KPPS untuk bekerja profesional, penuh integritas, mandiri, transparan, juga akuntabel sesuai kode etik penyelenggara pemilu.

“Oleh karena itu, kami minta anggota KPPS semuanya di seluruh Indonesia menjaga integritas pemilu dan juga menjaga orisinalitas atau keaslian ekspresi pilihan pemilih, mulai dari TPS sampai nanti di ujung akhir rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat nasional dan penetapan hasil pemilu di tingkat nasional berkesesuaian dengan ekspresi pemilih di TPS nanti pada 14 Februari 2024,” paparnya.

Logistik Pemilu Dipastikan 100% Selesai 1 Februari 2024 

KPU Nyatakan 99  Surat Suara Telah Disortir dan Dilipat  Selesai 1 Februari 2024
Komisioner KPU RI Idham Holik (kiri) saat meninjau logistik Pemilu 2024 di Kabupaten Bantul, DIY, Kamis (25/1/24). (Foto: Instagram/kpu_ri)

Di hari yang sama, Komisioner KPU RI Idham Holik yang baru menghadiri pelantikan KPPS di Yogyakarta, mengatakan proses sortir dan lipat serta pengemasan logistik Pemilu 2024 di seluruh kota/kabupaten akan selesai 100% pada 1 Februari 2024.

“Hari ini setelah saya menghadiri kegiatan pelantikan KPPS di Yogyakarta, sekarang meninjau gudang logistik pemilu di KPU Bantul, dan alhamdulillah semuanya berjalan lancar dan dipastikan 1 Februari 2024 semuanya sudah 100 persen selesai,” ujar Idham di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis.

Sejauh ini, lanjut Idham, proses sortir dan lipat serta pengemasan logistik kotak suara, bilik suara, juga perlengkapan lainnya secara nasional tidak memiliki hambatan. Ia menyatakan pada 14 Februari 2024 nanti, seluruh TPS yang ada sudah siap untuk melayani pemilih.

Ia juga memastikan KPU telah menangani terkait adanya surat suara rusak, diupayakan pergantian sebelum 1 Februari 2024 ke KPU di daerah lokasi yang bersangkutan.

“Yang jelas tanggal 1 Februari semuanya harus sudah selesai, juga di daerah-daerah pelosok semua insyaallah tidak ada masalah,” tandasnya. (Rangga)

 
Related News

Popular News

 

News Topic