tech

Kurangi Spam, Youtube Blokir Link Tersemat di Video Shorts

Penulis Nadira Sekar
Aug 18, 2023
Foto: Logo Youtube Shorts (dok. Youtube)
Foto: Logo Youtube Shorts (dok. Youtube)

ThePhrase.id - Platform streaming Youtube tengah melakukan perubahan besar guna mengatasi masalah spam yang semakin meningkat di platform video singkatnya, Youtube Shorts. 

Mulai 31 Agustus 2023, YouTube akan membuat tautan di bagian komentar Shorts, deskripsi Shorts, dan umpan live vertikal menjadi tidak dapat diklik. Keputusan ini didasari oleh penilaian perusahaan terhadap risiko tautan spam yang dapat membawa pengguna ke konten berbahaya seperti malware, phishing, dan skema penipuan lainnya.

Selain itu, perusahaan akan menghapus ikon media sosial yang dapat diklik dari semua banner saluran desktop, karena ini juga telah dieksploitasi untuk menipu pengguna dengan tautan yang menyesatkan.

Namun, para kreator kadang-kadang memerlukan tautan, terutama untuk tujuan monetisasi saat merekomendasikan produk dan merek kepada pengikut mereka. Sebagai respons, YouTube berencana untuk memperkenalkan metode yang lebih aman bagi pengguna  untuk menyertakan tautan dalam kontennya.

"Kami sadar bahwa tautan merupakan cara penting bagi para kreator untuk berbagi informasi dan merekomendasikan produk/merk kepada komunitas mereka, sehingga kami sedang aktif mencari cara yang lebih aman bagi para kreator untuk menyertakan tautan penting dalam konten mereka,” tulis Youtube dalam keterangan resmi. 

Mulai 23 Agustus, penonton YouTube baik pada perangkat ponsel maupun desktop akan melihat tautan yang "prominen" yang dapat diklik pada profil saluran para kreator, berdekatan dengan tombol 'Berlangganan'. Ruang ini akan memberikan kesempatan kepada kreator untuk menghubungkan ke situs web, profil media sosial lainnya, platform merchandise, dan tautan-tautan lainnya yang sesuai dengan Pedoman Komunitas YouTube.

Kurangi Spam  Youtube Blokir Link Tersemat di Video Shorts
Foto: Tautan Link Terbaru di Tampilan Mobile (dok. Youtube)

Selain itu, para pencipta Shorts yang menggunakan tautan untuk mengarahkan penonton ke video berdurasi panjang mereka tetap akan memiliki kemampuan tersebut di masa depan. Pada akhir September, YouTube berencana untuk memperkenalkan pendekatan baru dan lebih aman bagi para kreator ini untuk mengarahkan penonton dari Shorts ke konten YouTube lainnya.

Perubahan ini sejalan dengan langkah-langkah lain yang diambil oleh YouTube dalam memerangi spam di seluruh platformnya, termasuk peningkatan dalam sistem yang mengidentifikasi saluran-saluran yang melakukan pemalsuan. Antara kuartal pertama 2022 dan kuartal pertama 2023, YouTube melaporkan peningkatan lebih dari 35% dalam penghapusan dan penghentian terkait akun palsu.

Selain itu, YouTube juga telah meningkatkan fitur yang mengidentifikasi dan menahan komentar yang berpotensi berisi spam dan tidak pantas untuk ditinjau oleh para kreator. Perubahan ini menghasilkan peningkatan sebanyak 200% dalam jumlah komentar yang ditahan untuk direview saat dibandingkan dengan minggu pertama Juni setelah implementasi, dibandingkan dengan minggu pertama Mei. [nadira]

 
Related News

Popular News

 

News Topic