politics

Lakukan Gestur Bersorak, KPU Tegur Cawapres Gibran

Penulis Rangga Bijak Aditya
Dec 14, 2023
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (terlihat kanan) berdiri melakukan gestur bersorak kepada pendukung saat debat perdana capres berlangsung. (Foto: Tangkapan layar YouTube/KPU RI)
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (terlihat kanan) berdiri melakukan gestur bersorak kepada pendukung saat debat perdana capres berlangsung. (Foto: Tangkapan layar YouTube/KPU RI)

ThePhrase.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sampaikan teguran kepada calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka karena terlihat melakukan gestur bersorak kepada pendukung saat debat perdana capres di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12).

“Ini (perilaku Gibran) yang tidak boleh dan kami tegur,” ucap Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di Jakarta, Kamis (14/12) dikutip Antaranews.

Hasyim mengatakan teguran akan disampaikan kepada yang bersangkutan saat digelarnya evaluasi bersama tim kampanye tiap paslon. Selain itu KPU juga akan menjadikan hal tersebut sebagai evaluasi untuk pelaksanaan debat berikutnya.

“Saat evaluasi dan rapat persiapan debat selanjutnya, kami sampaikan,” imbuhnya.

Diketahui saat debat capres tengah berjalan, Gibran sempat berdiri dari tempat duduknya, berteriak, tepuk tangan, serta menggerakan kedua tangannya seakan mengajak para pendukung untuk ikut bersorak.

Gibran melakukan aksi tersebut ketika capres nomor urut 2 Prabowo Subianto menanggapi pertanyaan dari capres nomor urut 1 Anies Baswedan, terkait terjadinya pelanggaran etika berat yang dilakukan Mahkamah Konstitusi (MK) soal mengubah syarat umur capres-cawapres di bawah usia 40 tahun atau pernah/sedang menjabat sebagai kepala daerah.

Dengan gestur tersebut, para pendukung yang hadir secara langsung di ruangan debat akhirnya ikut bersorak sehingga menjadi ramai dan kurang kondusif.

Gibran Terima Teguran dan Akan Evaluasi

Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabumin Raka menyatakan akan melakukan evaluasi jika pihaknya menerima teguran dari KPU RI terkait aksi dirinya dalam acara debat perdana capres pada Selasa lalu.

“Ya semua teguran dan evaluasi saya terima,” ujar Gibran di Solo, Jawa Tengah, Kamis (14/12).

Gibran juga memohon maaf terkait hal tersebut, namun ia tidak menjelaskan lebih lanjut terkait sikap dan gestur yang ia lakukan saat itu.

“Terima kasih ya,” lanjutnya.

Wali Kota Surakarta itu tidak memberikan tanggapan mengenai debat perdana capres-cawapres Pemilu 2024.

Ada pun debat capres-cawapres kedua, lebih tepatnya debat cawapres perdana akan digelar pada hari Jumat, 22 Desember 2023. (Rangga)

 
Related News

Popular News

 

News Topic