Lim Young Woong, Menangkan Berbagai Penghargaan hingga Saingan Para Idol

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Nama Lim Young Woong telah diperhitungkan dalam dunia tarik suara Korea Selatan. Penyanyi genre trot ini disebut memiliki fans yang solid dari berbagai generasi hingga mampu membuat fans para idol Korea Selatan ketar-ketir jika sang Idol harus bersaing dengan Lim Young Woong.

Lim Young Woong atau biasa dikenal dengan Lim Hero dan Lim Yeongung lahir di Pocheon, Gyeonggi, Korea Selatan pada 16 Juni 1991.

Ia awalnya bercita-cita menjadi penyanyi balad hingga kemudian menemukan bakatnya sebagai penyanyi trot saat berpartisipasi dalam kompetisi regional. Dalam kompetisi tersebut, ia menyanyikan lagu What’s My Age sesuai dengan usia penonton dan berhasil memenangkan hadiah utama.

Lim Young Woong (Foto: twitter/DearMyHero0616)

“Dengan genre trot aku memenangkan posisi pertama di hampir semua kompetisi,” ungkap Lim Young Woong dilansir Naver.

Pada tahun 2016, Lim Young Woong mulai mendapatkan popularitas saat ia mengikuti kompetisi menyanyi Korea Sings dan memenangkan Excellence Prize. Pengalaman ini membuatnya mempertimbangkan karir sebagai penyanyi trot dengan sungguh-sungguh.

Ia kemudian kembali mengikuti kompetisi Fantastic Duo hingga berhasil menarik agensi Mulgogi Music untuk menandatangani kontrak dengannya.

Young Woong debut pada tahun 2016 dengan singel Hate You dan kembali mengeluarkan singel  What’s So Important? pada tahun 2017. Namun, sayangnya album ini kurang populer di Korea Selatan.

Penyanyi trot Lim Young Woong (Foto: twitter/lovesome_616
)

Nama Lim Young Woong mulai diperhitungkan dalam dunia tarik suara saat ia mengikuti kompetisi musik Mr. Trot pada tahun 2020. Dia akhirnya lolos sebagai pemenang kompetisi ini dan berhasil menandatangani kontrak dengan New Era Project serta mengikuti variety show Romantic Call Centre dan Ppongsoongah School.

Ia juga kemudian merilis singel baru Trust in Me yang langsung menempati posisi ke-11 di Gaon Digital Chart. Singel ini juga berhasil mengantarkan Lim Young Woong mendapat penghargaan Best Trot dari Melon Music Award dan Best Trot Track dari Genie Music Award.

Namanya bahkan sempat menjadi perbincangan hangat karena ia berhasil menduduki peringkat satu di situs musik Korea saat comeback BLACKPINK pada tahun 2020. Ia berhasil mengalahkan BLACKPINk dan mendapatkan All Kill di situs musik.

Tak hanya menyaingi BLACKPINK, Lim Young Woong juga pernah bersaing dengan BTS dalam penghargaan Asia Artist Award dan Melon Music Award untuk posisi pertama. Namanya menjadi trending dan diperbincangkan kalangan fans BTS atau ARMY dan masyarakat Korea Selatan.

Bahkan sebuah survey 2020, Who Makes Korea Move oleh majalah Sisa Journal menempatkan Young Woong pada posisi kelima yang memimpin dunia periklanan. Majalah ini juga menempatkannya dalam daftar 100 Leaders for the Next Generation.

Popularitasnya yang melonjak membuat Lim Young Woong menjadi artis paling banyak dicari di Naver, laman pencarian terbesar di Korea Selatan. Gallup Korea dalam survey Singer of the Year juga menempatkannya sebagai satu dari lima penyanyi favorit untuk usia 13-39 pada posisi ke-4 dan untuk usia 40 keatas Young Woong berhasil menempati posisi pertama.

Lim Young Woong juga berhasil menempati posisi kedua artis paling banyak dilihat di Youtube Korea Selatan pada tahun 2020, sementara BTS menempati posisi pertama. Ia juga mendapatkan penghargaan Stepping Stone Award dalam Korea Image Awards pada tahun 2021 sebagai bagian dari Trot Men. Penghargaan ini diberikan kepada Young Woong karena musiknya berhasil menghidupkan kembali kehidupan orang-orang yang lelah akibat COVID-19 dan menyebarkan musik trot ke seluruh dunia.

Young Woong dalam MMA 2022 (Foto: twitter/melon)

Baru-baru ini salah satu media Korea Selatan, The Kookie menyebut bahwa Lim Young Woong menjadi karakter utama dalam Melon Music Award 2022 karena berhasil membawa pulang beberapa penghargaan sekaligus.

Ia memenangkan tiga penghargaan utama yaitu Artist of the Year, Album of the Year, dan Top 10. Ia juga berhasil membawa pulang penghargaan Best Male Solo dan Netizen’s Choice dalam ajang penghargaan bergengsi ini.

Dengan berbagai penghargaan yang ia raih, tak heran jika namanya makin diperhitungkan dalam dunia tarik suara Negeri Ginseng tersebut. [fa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you