trending

Lion Air dan Wings Air Masuk Daftar Maskapai Terburuk Dunia 2023

Penulis Nadira Sekar
Aug 23, 2023
Foto: lionair.co.id
Foto: lionair.co.id

ThePhrase.id - Platform layanan perjalanan Bounce telah memperbarui airline index terbarunya, mengungkap maskapai penerbangan internasional terbaik dan terburuk untuk tahun 2023. 

Indeks tersebut dinilai berdasarkan berbagai faktor, termasuk layanan katering hingga ketepatan waktu penerbangan. Peringkat ini diharapkan mendorong para pelancong untuk mempertimbangkan pilihan maskapai dengan cermat guna menjamin perjalanan berikutnya berlangsung dengan lancar, sehingga tiba di tujuan yang tepat.

Japan Airlines dinilai sebagai maskapai terbaik dunia 2023 dengan nilai 8,28. Menurut Bounce, Japan Airlines berhasil mendapatkan nilai 4 dari 5 secara konsisten untuk hiburan selama penerbangan, makanan, kenyamanan kursi, dan pelayanan staf, serta ketepatan kedatangan tepat waktu dengan persentase 88,36%.

Selain itu, Japan Airlines juga memiliki tingkat pembatalan penerbangan yang rendah, yaitu sebesar 1,56%, serta salah satu batasan bagasi yang paling besar.

Sedangkan peringkat kedua dipegang oleh Singapore Airlines dengan nilai 7.63 dan disusul oleh Qatar Airways dengan nilai 7.50.

Berita buruknya, dua maskapai asal Indonesia, Wings Air dan Lion Air yang merupakan maskapai penerbangan berbiaya rendah atau low cost carrier (LCC) di bawah naungan Lion Group menjadi dua maskapai terburuk dalam daftar tersebut. 

Wings Air memiliki skor indeks terendah dengan skor 0,37 dari skala 10. Maskapai ini dinilai memiliki tingkat ketepatan kedatangan terendah sebesar 47,69%, dan tingkat pembatalan kedua tertinggi sebesar 15,91%. Dengan demikian, terbang dengan Wings Air memiliki risiko, terutama jika Anda memiliki jadwal yang ketat atau harus menghubungkan penerbangan.

Selain reliabilitas yang rendah, Wings Air tidak menyediakan bagasi gratis untuk penumpang kelas ekonomi, dan makanan serta hiburan selama penerbangan hanya mendapatkan skor 1 dari 5. Meskipun maskapai ini mencapai skor yang baik yaitu 3 dari 5 untuk kenyamanan kursi, pelayanan staf selama penerbangan dari perusahaan ini hanya mendapatkan skor 2 dari 5.

Sedangkan Lion Air menjadi maskapai dengan peringkat terendah kedua dalam indeks tahun 2023, dengan skor 0,61. Kurang dari separuh dari seluruh penerbangan yang dioperasikan oleh Lion Air tiba tepat waktu, sementara sebanyak 20,01% dari penerbangan dibatalkan secara langsung, menyebabkan rencana para pelancong menjadi kacau. 

Meski demikian, Lion Air merupakan salah satu dari sedikit maskapai berbiaya rendah yang menyertakan bagasi terverifikasi dalam beberapa tiket kelas ekonomi mereka, memungkinkan penumpang pada penerbangan domestik membawa satu bagasi dengan berat hingga 20 kg. [nadira]

 
Related News

Popular News

 

News Topic