lifestyle

Macam-macam Makanan Penurun Kolesterol

Penulis Ashila Syifaa
Nov 25, 2023
Ilustrasi makanan penurun kolesterol. (Foto: pexels/MART PRODUCTION)
Ilustrasi makanan penurun kolesterol. (Foto: pexels/MART PRODUCTION)

ThePhrase.id - Memiliki kadar kolesterol yang tinggi dapat mengganggu fungsi tubuh secara keseluruhan. Sebenarnya, kolesterol dibutuhkan tubuh untuk membantu dalam pembentukan sel-sel sehat, namun jika kadarnya terlalu tinggi dapat membahayakan.

Memiliki kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit seperti stroke dan penyakit jantung. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengonsumsi beberapa makanan penurun kolesterol. Simak macam-macam makanan penurun kolesterol berikut ini!

1. Sayuran dan Buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan merupakan dua jenis makanan yang memiliki banyak manfaat dan kaya akan nutrisi. Tak hanya baik untuk dikonsumsi oleh penderita, sayuran dan buah-buahan baik untuk tubuh secara keseluruhan. 

Kandungan serat, vitamin, dan mineral dapat menurunkan kolesterol jahat yang sering di sebut LDL atau low-density lipoprotein

Menurut sebuh studi yang dipublikasi dalam Nutrition Research menemukan bahwa sayuran berdaun gelap dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Jenis sayuran ini antara lain sawi, kangkung, brokoli, paprika hijau, dan kubis.

Selain itu beberapa sayuran lainnya seperti seledri memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu mencegah oksidasi LDL. 

Kemudian buah-buahan tertentu juga dapat menurunkan kolesterol. Salah satu rekomendasinya adalah buah apel, sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi apel sebanyak 300 gram setiap harinya selama delapan minggu dapat menurunkan kolesterol tinggi. Hal ini karena apel memiliki kandungan polifenol dan serat yang dapat menurunkan kolesterol tinggi.

Adapun beberapa buah lainnya yang baik dikonsumsi penderita kolesterol, seperti jeruk, anggur, dan stroberi.

2. Ikan yang Mengandung Lemak Sehat

Penderita kolesterol tinggi disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan asam lemak omega-3 seperti ikan salmon, ikan kembung, ikan sarden, dan ikan tuna. 

Beberapa riset telah menunjukan bahwa lemak sehat omega-3 merupakan kandungan dapat mengurangi kadar trigliserida dalam darah, menjaga kadar kolesterol baik, memelihara jantung dan pembuluh darah hingga mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler.

3. Bawang Putih dan Bawang Merah

Bawang putih dapat menjaga kesehatan darah dengan menjauhkannya dari kolesterol jahat. Bawang merah, serupa dengan bawang putih, mengandung antioksidan. Meskipun kedua bahan ini dapat digunakan sebagai bumbu dalam berbagai metode memasak seperti tumis, panggang, atau cara lainnya, bawang mentah tetap memiliki kandungan nutrisi tertinggi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Bawang-bawang ini dapat menjadi camilan yang rendah kolesterol.

4. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Biji-bijian utuh, seperti bunga matahari, gandum, dan chia seed, termasuk dalam kategori makanan sehat untuk mengatasi kolesterol tinggi. Makanan ini kaya akan vitamin, mineral, protein, lemak sehat, antioksidan, dan serat larut beta-glukan. Konsumsi biji-bijian dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan mengurangi penyerapan kolesterol di saluran pencernaan.

Kacang-kacangan juga merupakan opsi yang baik bagi penderita kolesterol tinggi. Kacang polong, lentil, dan buncis memberikan sumber protein yang berkualitas. Kacang kedelai dan edamame mengandung protein dan isoflavon yang terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Sementara itu, kacang almond dan kenari mengandung fitosterol yang efektif menghambat penyerapan kolesterol jahat di dalam usus. Pemilihan biji-bijian utuh dan kacang-kacangan menjadi bagian penting dalam merancang pola makan yang mendukung kesehatan jantung. [Syifaa]

 

 
Related News

Popular News

 

News Topic