e-biz

Makin Sat Set! Ini 3 Layanan BPJS Kesehatan yang Bisa Diakses dari Rumah

Penulis Firda Ayu
Jun 10, 2025
(Foto: bpjs-kesehatan-kota-semarang.vercel.app/)
(Foto: bpjs-kesehatan-kota-semarang.vercel.app/)

ThePhrase.id – Tak perlu lagi antre atau datang langsung ke kantor cabang, kini peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bisa menikmati berbagai layanan BPJS Kesehatan cukup dari rumah saja. 

Melalui inovasi digital, BPJS Kesehatan menghadirkan tiga kanal layanan utama yang memudahkan peserta dalam mengakses informasi, mengurus administrasi, hingga menyampaikan keluhan. Semuanya bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja dengan lebih cepat, praktis, dan efisien. Apa saja layanan tersebut?

WhatsApp PANDAWA (0811 8 165 165)

Melalui nomor WhatsApp resmi ini, peserta JKN bisa melakukan berbagai keperluan administrasi tanpa perlu keluar rumah. Layanan ini terbagi menjadi tiga jenis:

  • Layanan Administrasi (aktif setiap hari pukul 08.00–17.00), mencakup pendaftaran peserta baru, penambahan anggota keluarga, perubahan data, pengaktifan kembali kepesertaan, hingga perubahan fasilitas kesehatan (faskes).
  • Layanan Informasi (24 jam), memungkinkan peserta mengecek status kepesertaan, informasi pembayaran, virtual account, hasil skrining kesehatan, hingga pencarian lokasi kantor cabang dan faskes terdekat.
  • Layanan Pengaduan (24 jam), tersedia bagi peserta yang ingin menyampaikan keluhan terkait layanan JKN.

Aplikasi Mobile JKN

Aplikasi resmi BPJS Kesehatan ini bisa diunduh gratis di Play Store maupun App Store. Lewat aplikasi ini, peserta bisa mengakses informasi dan mengelola keperluan layanan secara mandiri, seperti:

  • Cek dan ubah data peserta (termasuk faskes, kelas rawat, dan lainnya)
  • Daftar antrean layanan di faskes tingkat pertama maupun lanjutan
  • Konsultasi dokter secara daring
  • Cek iuran, status pembayaran, dan virtual account
  • Informasi tentang layanan operasional, ketersediaan tempat tidur dan obat
  • Menyampaikan pengaduan serta mengikuti program kesehatan melalui fitur JKN Bugar

BPJS Kesehatan Care Center 165

Bagi yang lebih nyaman berkomunikasi lewat suara, layanan call center siap melayani peserta 24 jam penuh. Untuk menikmati layanan ini peserta cukup hubungi 165,  dengan beberapa layanan tersedia:

  • Mengecek status kepesertaan dan tagihan iuran (dengan bantuan asisten virtual VIKA)
  • Mengurus administrasi seperti pendaftaran, pengaktifan kartu, dan perubahan data
  • Menyampaikan keluhan atau mendapatkan informasi lengkap seputar program JKN

Dengan kehadiran tiga kanal digital ini, BPJS Kesehatan tak hanya mendekatkan layanan kepada masyarakat, tapi juga mendukung transformasi pelayanan publik yang lebih modern. Jadi, tak perlu bingung atau repot lagi. Manfaatkan teknologi dan urus BPJS-mu dari rumah, biar makin sat set dan bebas ribet! [fa]

Tags Terkait

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic