Mal Grand Indonesia Terapkan Layanan Sistem Parkir Berteknologi Mutakhir

- Advertisement -spot_imgspot_img

ThePhrase.id – Pusat perbelanjaan Grand Indonesia secara resmi menerapkan inovasi teknologi baru di area parkir kompleks pusat perbelanjaan tersebut.

Inovasi teknologi baru ini merupakan hasil pengembangan perusahaan penyedia layanan dan teknologi perparkiran, PT Centrepark Citra Corpora yang telah diimplementasikan sejak bulan lalu. Kolaborasi antara Grand Indonesia dan CentrePark telah dimulai pada 30 November 2021 dengan penandatanganan kesepakatan kedua perusahaan pada 3 Februari 2022.

Melalui sistem parkiran baru ini, diharapkan dapat memberikan pengalaman baru dan tentunya meningkatkan kenyamanan para pengunjung Grand Indonesia mulai dari masuk hingga keluar area parkir.

Grand Indonesia (Foto: www.grand-indonesia.com)

Sistem parkir 100% ticketless dan paperless yang diterapkan pada Grand Indonesia kini tak lagi menggunakan tiket dan struk parkir kertas. Sistem ini mengganti tiket serta struk menjadi versi elektronik serta menggunakan sistem pembayaran transaksi non-tunai atau cashless dengan menggunakan uang elektronik.

“Sistem ini bernama TITO atau Tap In Tap Out yang memudahkan pengunjung untuk lebih cepat mengakses area parkir mall dan melakukan transaksi secara praktis menggunakan kartu uang elektronik saat meninggalkan area parkir,” ungkap Chief Executive Officer CentrePark Charles Oentemo dilansir Kontan, Senin (12/9).

Menurut Charles, sistem TITO dapat mengurangi potensi antrean kendaraan yang hendak masuk dan keluar area parkir Grand Indonesia. Hal ini karena portal di pintu masuk dan keluar area parkir telah dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih yang bekerja secara otomatis.

Namun, jika pengunjung memerlukan bantuan petugas, pengunjung dapat dengan mudah menekan tombol darurat yang tersedia pada tiap portal otomatis.

Selain sistem yang canggih, area parkir Grand Indonesia juga dilengkapi dengan papan informasi yang disebut Traffic Dispatch System (TDS). Papan informasi ini secara otomatis akan menampilkan rambu-rambu untuk memandu pengunjung ke pintu-pintu keluar mal yang lebih sepi, sehingga tidak akan terjadi kemacetan panjang di satu pintu keluar saja.

Beru diimplementasikan sebulan, rencananya inovasi teknologi ini akan dikembangkan oleh Grand Indonesia dan CentrePark dengan mempertimbangkan peningkatkan efisiensi pengelolaan area parkir sekaligus meningkatkan kenyamanan dan keamanan para pengunjung.

Tata cara parkir di Grand Indonesia (Foto: instagram/grandindo)

Tahap kedua inovasi yang tengah disiapkan yaitu sistem License Plate Recognition (LPR) dan Quick In Quick Out (QIQO).

“Sistem LPR ini menggunakan kecerdasan buatan yang dapat mengidentifikasi pengunjung melalui plat nomor kendaraan. Sistem ini mampu mengenali nomor registrasi kendaraan, merek kendaraan, model atau tipe kendaraan, warna kendaraan, dan lampu utama kendaraan,” jelas Charles.

Sedangkan untuk sistem QIQO merupakan inovasi opsi transaksi parkir dengan menggunakan kode respon cepat atau QR code dari Centrepark. Dengan sistem ini, pengguna akses parkir tidak hanya dimudahkan, tetapi juga akan mendapat akses area parkir yang lebih nyaman, praktis serta cepat di Grand Indonesia. [fa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you