sport

Manchester City Pecahkan Rekor Pendapatan dan Keuntungan Klub

Penulis Ahmad Haidir
Nov 16, 2023
Manchester City sebagai peraih treble winners musim kemarin mencatatkan rekor pemasukan dan keuntungan dalam sejarah klub (Foto: Man City)
Manchester City sebagai peraih treble winners musim kemarin mencatatkan rekor pemasukan dan keuntungan dalam sejarah klub (Foto: Man City)

Thephrase.id - Manchester City memecahkan rekor pendapatan klub Inggris, setelah musim kemarin mampu mencetak treble winners. Gelar juara Liga Primer Inggris, Piala FA, dan Liga Champions benar-benar memberi keajaiban.


Musim kemarin Man City mendapatkan penghasilan kotor 712,8 juta poundsterling atau sekitar Rp14 triliun. Dari pendapatan itu setelah dipotong pengeluaran sana-sini, termasuk kaitannya dengan perpajakan, laba bersih yang dicatat adalah 80,4 juta poundsterling atau sekitar Rp1,6 triliun.


Pendapatan Man City itu naik dari musim sebelumnya lagi sebanyak 99,8 juta poundsterling. Jika dipersentase angka kenaikannya mencapai 16,3 persen.


Angka-angka itu muncul dari laporan keuangan yang dipublikasikan manajemen Man City pada tengah pekan ini. Pastinya pendapatan dan keuntungan itu merupakan rekor dalam sejarah klub.


Pada musim kemarin pengeluaran gaji dan perekrutan pemain juga meningkat. Dari 422,89 juta poundsterling, sedangkan 262 juta poundsterling yang berkaitan dengan transfer pemain dan lain-lain.


CEO Man City Khaldoon Al Mubarok bersyukur timnya terus menunjukkan performa yang bagus di bidang keuangan. Namun tidak dapat dinafikkan grafik baik itu berkat prestasi mengilap di lapangan.


“Man City mencatatkan level dan pencapaian baru selama musim 2022/2023. Ringkasnya Man City meraih semua hal hebat dalam sepak bola,” kata Khaldoon.


“Pencapaian dari segi pendapatan juga merupakan cerita tersendiri. Segala pemasukan yang datang, berkat kerja keras semua pihak,” ujar Khaldoon.


Tingkat pendapatan Man City paling banyak datang dari iklan, nilainya mencapai 341,4 juta poundsterling. Kemudian pendapatan berikutnya datang dari hak siar.


Hampir 300 juta poundsterling didapatkan “The Citizens” dari sektor tersebut. Terutama dari hak siar Liga Primer Inggris.


Kalau pendapatan dari sektor tiket pertandingan kandang, pemasukan yang diterima Man City sebanyak 71,9 poundsterling. Selebihnya datang dari hadiah-hadiah dari partisipasi di beragam kompetisi.


Apa yang dicatat Man City ini ikut mengerek mereka ke posisi teratas sebagai klub paling berharga. Man City menggusur Real Madrid.


Nilai seluruh aset Man City sekarang ini ditaksir sekitar 1,51 miliar poundsterling. Angka ini dilansir dari Brand Finance Football 50.

 
Related News

Popular News

 

News Topic