Manfaat Castor Oil untuk Rambut

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Castor oil atau minyak jarak memiliki banyak manfaat terutama untuk rambut. Sebelumnya, kamu pasti sering mendengar produk-produk minyak vitamin rambut ataupun conditioner rambut yang dapat membantu membersihkan kulit rambut, mengangkat kotoran hingga memicu pertumbuhan rambut. Nah, castor oil ini dapat menjadi alternatif atau tambahan dalam rutinitas mencuci rambut.

Castor oil sudah terbukti menjadi bahan yang mampu melembapkan rambut kering dan menstimulasi rambut untuk tumbuh secara sehat. Hal ini tidak hanya dibuktikan oleh peneliti dan ahli, bahkan sudah digunakan sejak jaman Mesir kuno.

Menurut Rebecca Marcus, dokter kulit bersertifikat dan pendiri MaeiMD, castor oil dapat berperan membantu melembapkan helaian rambut seperti conditioner secara natural dan meningkatkan kilauan rambut. Hal tersbut karena kandungan minyak jarak yang memiliki glycerol dan asam lemak. Di sini, asam lemak berperan sebagai penutrisi untuk folikel rambut.

Ilustrasi perawatan rambut. (Foto: Unsplash/curology)

Lapisan luar batang rambut ditutupi dengan struktur seperti sisik yang disebut kutikula, dan ketika rambut rusak, akan terkelupas dan mengembang, mengakibatkan rambut kusut dan kusam. Penelitian menemukan, minyak jarak ini dapat melindungi dan menjaga kutikula agar lebih rata.

Untuk manfaat minyak tersebut yang mempercepat rambut tumbuh belum ada studi klinisnya, namun dapat mencegah rambut rontok dan berpengaruh untuk panjang rambut. Meskipun begitu jika rambut mengalami rontok parah dan penipisan ada baiknya konsultasi ke dokter karena seperti sampo lainnya, menggunakan minyak saja tidak cukup untuk memperbaiki keadaan rambut agar menjadi sehat.

Cara menggunakannya

Jika menggunakan minyak jarak sebagai masker atau leave-in treatment, ahli dermatologis rambut menyarankan untuk menghangatkan minyak dengan menggosok-gosok terlebih dahulu sebelum membalurkan ke ujung-ujung rambut.

Sedangkan untuk digunakan sebagai deep conditioning dapar digunakan sebelum keramas pada kulit kepala kering dan dibiarkan selama 20 menit. Kemudian dilanjutkan dengan rutinitas keramas pada umumnya menggunakan sampo dan conditioner.

Karena bahan tersebut merupakan minyak, tentunya harus memperhatikan kebutuhan rambut dan bagaimana rambut merespon minyak tersebut karena setiap orang memiliki tipe yang berbeda-beda. Misalkan untuk rambut keriting lebih baik digunakan setelah keramas pada ujung-ujung rambut. Sedangkan untuk rambut lurus yang cenderung berminyak lebih baik digunakan sebelum keramas untuk menghindari rambut menjadi lepek.

Bagi yang ingin mencoba tetapi takut menggunakan 100 persen minyak jarak dapat terlebih dahulu mencoba bahan yang mengandung castor oil untuk membiasakan menggunakan minyak tersebut. [Syifaa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you