Manfaat Cincau untuk Kesehatan Tubuh

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Cincau merupakan salah satu makanan tradisional yang banyak dikonsumsi di antara orang Asia. Cincau juga menjadi salah satu pilihan takjil berbuka puasa bagi umat Islam di kawasan Asia Tenggara. Hal ini karena cincau memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh seperti meredakan sakit tenggorokan, suatu kondisi yang biasanya muncul bagi mereka yang berpuasa.

Foto: Ilustrasi Cincau freepik.com Grass jelly photo created by jcomp)

Cincau mengandung nutrisi seperti alkaloid, flavonoid, saponin, tendradine, dan cardioplegicum serta vitamin A dan B. Senyawa anti-toksin ini lebih dari mampu mengobati gejala demam dan sakit tenggorokan.

Selain, meredakan sakit tenggorokan, cincau juga memiliki berbagai manfaat lainnya. Apa saja?

Baik untuk kesehatan pencernaan

Karena molekul gula dalam tanaman, cincau memiliki kemampuan untuk memerangi bakteri penyebab sakit perut. Bahan kimia alkaloid yang ditemukan dalam daun cincau mengandung vitamin B dan C dalam kadar yang signifikan. Ketika vitamin ini dikonsumsi bersama, cukup efisien dalam menghindari diare. Selanjutnya, kandungan serat cincau membantu dalam pembersihan saluran pencernaan dan mengurangi sakit perut yang disebabkan oleh mulas dan sembelit.

Membantu menurunkan berat badan

Cincau mengandung banyak nutrisi bermanfaat, termasuk vitamin A, B1, C dan kalsium, fosfor, karbohidrat. Namun cincau memiliki kandungan kalori yang rendah. Semua ini sangat cocok untuk diet penurunan berat badan. Diet tinggi serat diketahui membantu penurunan berat badan dengan mengurangi rasa lapar dan dengan demikian mengurangi makan berlebihan.

Mencegah kanker

Cincau mengandung antioksidan seperti senyawa isokandrodendrin dan S-S tetandrin yang ampuh dalam menghilangkan sel tumor pada kanker hati, ginjal, paru-paru, payudara dan leher rahim. Mengkonsumsi cincau dalam bentuk bubuk atau minuman menjadikannya sebagai penangkal yang efektif untuk pencegahan kanker.

Mencegah diabetes

Cincau mengandung senyawa bisbenzilsokuinolin dan klorofil yang dapat mengontrol kadar gula darah tinggi penderita diabetes. Kedua senyawa ini memastikan bahwa gula yang ditemukan dalam cincau tidak menyebabkan segala bentuk lonjakan insulin.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Cincau hitam mengandung senyawa metabolit sekunder seperti terpenoid, flavonoid, fenolik, dan tanin yang berfungsi sebagai imunomodulator dan antioksidan alami. Senyawa-senyawa ini membuat sel-sel makrofag tubuh lebih aktif melawan patogen. Mereka juga aktif memblokir radikal bebas masuk ke dalam tubuh. [nadira]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you