Manfaat Lavender untuk Kulit dan Wajah

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Lavender sering kali dikenal sebagai produk pengharum karena aromanya yang khas. Lavender ternyata memiliki khasiat yang bermanfaat untuk kulit dan wajah karena memiliki kandungan minyak yang bermanfaat untuk merawat kulit.

Sebelum menggunakan sebagai bahan perawatan wajah, ketahui dahulu apa yang terkandung dalam minyak lavender ini. Minyak atsiri pada lavender mengandung berbagai jenis senyawa khas pada tanaman atau disebut dengan fitonutrien.

Foto: Ilustrasi Skincare (freepik.com photo by senivpetro)

Beberapa kandungan yang ditemukan adalah;

  1. Linalyl acetate.
  2. Linalool.
  3. Caryophyllene.
  4. Trans-3,7-dimethylocta-1,3,6-triene.
  5. 4-terpineol.
  6. Lavandulyl acetate.
  7. Borneol.
  8. Eucalyptol.
  9. Eugenol.

Dengan beberapa bahan yang terkandung dalam minyak lavender ini dapat membantu merawat kulit.

Manfaat Minyak Lavender

Foto: Ilustrasi Lavender (pexels.com photo by Palo Cech)

1. Mengurangi jerawat

Minyak ini dapat mengurangi jerawat karena kandungannya yang antibakterial. Penelitian menemukan bahwa lavender memiliki kandungan anti bakterial sebesar 0.25% yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, yaitu Cutibacterium acnes.

2. Memulihkan luka

Studi dari BMC Complementary and Alternative Medicine (2016) menemukan bahwa minyak ini memiliki kandungan yang dapat memulihkan luka. Hal ini karena minyak tersebut dapat merangsang pembentukan jaringan ikat dan protein kulit.

3. Meredakan eksim

Dengan memiliki kandungan berbagai senyawa fitonutrien yang sifatnya antiradang, minyak ini dapat mengendalikan peradangan eksim dan meredakan gejala eksim. Tetapi bagi yang memiliki eksim harus tetap berhati-hati dalam menggunakannya karena tidak boleh langsung dioleskan pada eksim dan harus dicampur dengan minyak pelarut atsiri.

4. Memperlambat kerutan

Selain itu dengan sifatnya yang antioksidan, minyak ini juga dapat membantu menghambat terjadinya kerutan pada wajah. Antioksidan merupakan sifat yang dapat mencegah kerusakan pada sel-sel kulit akibat paparan radikal bebas.

5. Mengurangi gigitan nyamuk

Lavender dikenal dapat mengurangi gigitan nyamuk dan sudah digunakan sejak lama. Kandungan yang bernama senyawa linalool memberikan aroma khas untuk nyamuk yang mengganggu indra penciuman nyamuk. Maka dengan aroma khasnya nyamuk akan menghindari bau dan dapat mencegah gigitan nyamuk.

Agar terhindar dari efek samping penggunaan tentunya harus selalu memperhatikan dalam membeli produk dan dipastikan produk sudah terdaftar dalam Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu juga perhatikan anjuran cara pemakaian dan selalu memakai dengan campuran minyak pelarut, seperti minyak kelapa atau minyak zaitun untuk wajah. [Syifaa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you