lifestyle

Manfaat Mengonsumsi Durian untuk Kesehatan

Penulis Nadira Sekar
Dec 09, 2023
Foto: Durian (freepik.com photo by jcomp)
Foto: Durian (freepik.com photo by jcomp)

ThePhrase.id - Buah durian, dengan citarasa khas dan aroma yang kuat, telah lama menjadi primadona bagi pecinta buah-buahan tropis. Meskipun beberapa orang mungkin tercengang oleh aromanya yang kuat, durian tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Lantas apa saja manfaat dari mengonsumsi buah durian bagi kesehatan?

Kaya akan Nutrisi Penting

Durian mengandung sejumlah nutrisi esensial seperti vitamin C, vitamin B kompleks (seperti B6 dan B1), vitamin A, serat, kalium, dan zat besi. Vitamin C yang tinggi dalam durian membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sementara vitamin B kompleks mendukung fungsi saraf dan metabolisme yang sehat.

Sumber Antioksidan

Buah durian mengandung antioksidan, seperti polifenol dan flavonoid, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan dikenal dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan peradangan, serta membantu dalam mencegah penyakit-penyakit tertentu seperti kanker dan penyakit jantung.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dalam durian membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengatur tekanan darah dan menjaga ritme jantung yang sehat. Selain itu, kandungan serat yang tinggi juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol, membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Menyehatkan Pencernaan

Serat dalam durian juga berperan penting dalam kesehatan pencernaan. Mengonsumsi durian secara teratur dapat membantu mencegah sembelit, meningkatkan gerakan usus, dan mempromosikan kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan.

Menyediakan Energi

Durian mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi tahan lama. Hal ini membuat durian menjadi pilihan yang baik sebagai sumber energi alami, terutama bagi mereka yang aktif secara fisik.

Meskipun durian memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa, penting untuk diingat bahwa konsumsinya sebaiknya dalam jumlah yang wajar. Kandungan gula dan kalori yang tinggi dalam durian dapat memiliki dampak negatif, terutama bagi individu dengan kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes.

Selain itu, durian memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kelebihan kalium dalam darah dapat mengganggu irama jantung. Ini bisa menjadi masalah serius, terutama bagi orang yang memiliki gangguan fungsi ginjal. Kondisi ini bisa memicu situasi darurat dan bahkan berpotensi fatal.

Jadi, pastikan untuk mengonsumsi durian dalam jumlah yang seimbang untuk mendapatkan manfaatnya tanpa membahayakan kesehatan. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jika ada kekhawatiran terkait kondisi kesehatan tertentu sebelum menambahkan durian ke dalam pola makan Anda.

[nadira]

 
Related News

Popular News

 

News Topic