lifestyleHealth

Manfaat Nonton Konser Musik bagi Kesehatan

Penulis Nadira Sekar
Oct 07, 2023
Foto: Ilustrasi Nonton Konser (dok. thephrase.id/Nadira)
Foto: Ilustrasi Nonton Konser (dok. thephrase.id/Nadira)

ThePhrase.id - Setelah pandemi Covid-19 mereda, konser musik yang menjadi salah satu bentuk hiburan yang sangat dinikmati oleh banyak masyarakat dunia akhirnya kembali diadakan. Beberapa di antaranya yang menarik perhatian adalah tur dunia Taylor Swift, Coldplay, dan Olivia Rodrigo.

Selain memberikan kegembiraan karena kesempatan untuk melihat idola secara langsung, ternyata menyaksikan konser musik juga memberikan manfaat positif bagi kesehatan fisik dan mental. Apa saja manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari menonton konser musik?

Mengurangi stres dan kecemasan

Salah satu manfaat utama dari menonton konser musik adalah kemampuannya untuk mengurangi stres dan kecemasan. Musik telah dikenal lama sebagai alat efektif untuk meredakan emosi negatif, dan konser musik adalah sarana yang sempurna untuk benar-benar merasakan dan terhubung secara mendalam dengan musik. Saat kita menikmati penampilan langsung, tubuh kita merespons dengan melepaskan hormon-hormon yang mengurangi stres, seperti endorfin dan oksitosin, yang membantu menciptakan perasaan relaksasi dan kebahagiaan.

Membantu membakar kalori dalam tubuh

Sebagian besar konser musik menyediakan area penonton tanpa kursi, yang mengharuskan penonton untuk berdiri. Selama konser, kita seringkali melakukan berbagai gerakan fisik, seperti melompat dan menari sesuai irama musik. Ini secara tidak langsung membantu kita membakar kalori dalam tubuh. 

Meningkatkan daya tahan fisik

Konser musik yang mewajibkan penonton untuk berdiri, seperti festival, dapat secara perlahan meningkatkan kemampuan fisik kita, terutama dalam hal daya tahan kaki. Penggunaan konstan kaki sebagai tumpuan selama konser akan membantu menguatkan dan melatihnya secara bertahap.

Merangsang otak

Konser musik adalah pengalaman multisensori yang merangsang berbagai area otak. Selain mendengarkan musik, kita juga melihat penampilan, merasakan getaran musik, dan menyerap energi dari penonton lainnya. Semua ini merangsang berbagai aspek otak, termasuk yang berhubungan dengan emosi, kreativitas, dan persepsi sensorik. Dampaknya adalah peningkatan daya kognitif dan kreativitas kita.

Meningkatkan koneksi sosial

Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, menonton konser musik adalah cara yang baik untuk memperkuat koneksi sosial. Berbagi pengalaman musik dengan teman-teman atau dengan orang-orang yang memiliki minat musik yang sama dapat meningkatkan hubungan sosial kita. Ini juga dapat membantu mengurangi perasaan kesepian dan meningkatkan kesejahteraan sosial kita.

Jadi, menonton konser musik bukan hanya menyenangkan secara hiburan, tetapi juga memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan fisik dan mental kita. Ini adalah cara yang sempurna untuk merayakan kehidupan sambil menjaga kesejahteraan kita.

[nadira]

 

 
Related News
Popular News
 

News Topic