lifestyle

Manfaat Renang untuk Kesehatan Tubuh

Penulis Nadira Sekar
Sep 02, 2023
Foto: Ilustrasi Renang (freepik.com)Foto: Ilustrasi Renang (freepik.com)
Foto: Ilustrasi Renang (freepik.com)Foto: Ilustrasi Renang (freepik.com)

ThePhrase.id - Bukan hanya sekadar olahraga yang menyenangkan, renang juga memiliki sejumlah manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Aktivitas ini melibatkan hampir semua otot utama dalam tubuh, sehingga tidak mengherankan jika berenang dianggap sebagai salah satu olahraga terbaik untuk menjaga kesehatan.

Melansir everydayhealth.com, renang menjadi salah satu opsi olahraga terbaik yang dapat dilakukan bagi mereka yang memiliki masalah sendi atau cedera.

Lantas apa saja sih manfaat renang untuk kesehatan tubuh?

Meningkatkan Kardiovaskular dan Kekuatan Otot

Renang merupakan olahraga aerobik yang membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan peredaran darah. Saat tubuh bergerak di dalam air, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh, yang pada gilirannya memperkuat otot jantung dan meningkatkan sirkulasi darah. Gerakan renang juga melibatkan banyak otot utama seperti lengan, kaki, punggung, dan perut, sehingga membantu meningkatkan kekuatan otot secara keseluruhan.

Menurunkan Berat Badan

Renang adalah metode efektif untuk membakar kalori. Kegiatan ini berkontribusi pada pengurangan berat badan atau menjaga berat badan ideal karena melibatkan sebagian besar otot dalam tubuh dan membutuhkan energi yang cukup besar.

Meningkatkan Fleksibilitas dan Postur Tubuh

Selain membantu dalam penurunan berat badan, gerakan yang dilakukan saat berenang membantu melenturkan otot-otot tubuh dan meningkatkan fleksibilitas. Renang juga berperan dalam memperbaiki postur tubuh, karena melibatkan otot-otot inti yang berperan dalam menjaga keseimbangan dan postur yang baik.

Mengurangi Stres dan Menenangkan Pikiran

Semua aktivitas fisik memiliki potensi untuk meningkatkan suasana hati. Namun, sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2003 dalam Jurnal Psikologi menemukan bahwa satu sesi renang dapat lebih efektif dalam meningkatkan suasana hati dibandingkan dengan satu sesi tari aerobik.

Saat berenang, otak melepaskan senyawa kebahagiaan seperti endorfin, dopamin, dan serotonin yang efektif dalam mengurangi stres, kecemasan, dan depresi.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Olahraga secara umum dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, dan renang bukan pengecualian. Menurut survei dari National Sleep Foundation tahun 2013, orang yang berpartisipasi dalam latihan aerobik melaporkan tidur yang lebih baik.

Berdasarkan penelitian ini, 76 hingga 83 persen dari mereka yang melakukan latihan ringan, sedang, atau berat melaporkan kualitas tidur yang sangat baik atau cukup baik, dibandingkan dengan 56 persen dari mereka yang tidak berolahraga. Dalam survei tersebut, renang dikategorikan sebagai jenis aktivitas aerobik berat. Para pelaku olahraga juga cenderung menghabiskan lebih banyak waktu dalam tidur mendalam atau deep sleep.

[nadira]

 

 
Related News

Popular News

 

News Topic