Mengenal Bacuya, Maskot Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – PSSI dan Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) meluncurkan maskot Piala Dunia U-20 2023 di Bundaran HI pada Minggu, 18 September 2022 berbarengan dengan kegiatan Car Free Day (CFD) Jakarta Pusat.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Wakil Ketua Umum Iwan Budianto, Komite Eksekutif (Exco) PSSI Endri Erawan dan Vivin Sungkono, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru Ahmad Hadian Lukita, hingga Direktur Operasional PT LIB Sudjarno.

Lanching Bacuya, maskot Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Foto PSSI.

Hadir pula perwakilan FIFA, Jaime Yarza sebagai FIFA Tournament Director dan Christian Schmolzer sebagai FIFA U-20 Project Lead.

Maskot Piala Dunia FIFA U-20 2023 bernama Bacuya alias Badak Cula Cahaya yang terinsipirasi dari Badak Jawa bercula satu, hewan asli dari Indonesia.

“Saya berterima kasih kepada pemerintah, Pak Menpora bapak Zainudin Amali karena terus mendukung kami hingga saat ini. Hari ini, maskot Piala Dunia U-20 2023 telah resmi diluncurkan,” beber Iriawan.

“Namanya yaitu Bacuya, Badak Cula Cahaya. Saya juga ucapkan selamat datang dan terima kasih kepada delegasi FIFA, karena sudah memilih Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 yang sebelumnya akan dilaksanakan 2021, karena pandemi, dimundurkan menjadi 2023, terima kasih,” ungkapnya.

Rencana awal, Amali, Iriawan, dan rombongan berencana ikut mobil golf yang sudah disediakan panitia, namun mereka memilih untuk berjalan kaki yang dikawal panitia.

Ini juga menjadi semangat car free day setiap hari Minggu di mana sepanjang Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin kendaraan bermotor dilarang melintas pada pukul 06.00-10.00 WIB.

PSSI dan Kemenpora meluncurkan Bacuya, maskot Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Foto PSSI.

Ada juga drumben yang turut mengiringi pawai maskot Piala Dunia U-20 dengan alunan musik khas daerah Indonesia sehingga sepanjang ruas jalanan dipadati para pejalan kaki.

“Hari ini saya dan kita semua telah melihat maskot untuk Piala Dunia U-20 2023 yang bernama Bacuya, saya berharap kita semua bisa menyukseskan gelaran ini,” kata Amali.

“Agar FIFA makin yakin dan percaya Indonesia akan menjadi tuan rumah yang baik, mungkin saja nanti Piala Dunia Senior dapat diselenggarakan di sini, karena menurut survei sekitar 70 persen masyarakat Indonesia menyukai sepakbola dan sangat antusias dengan olah raga ini,” tegas Amali.

Sementara itu, perwakilan FIFA antusias dengan peluncuran logo Piala Dunia U-20 2023. “Ini akan menjadi kompetisi FIFA pertama yang berlangsung di Indonesia, peluncuran logo resmi merupakan tonggak sejarah yang menarik dalam perjalanan ini,” ujar Jaime Yarza.

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you