Mengenal Batik New Colet Jombang yang Kembali Eksis

- Advertisement -spot_imgspot_img
ThePhrase.id – Batik New Colet merupakan salah satu batik khas Desa Jatipelem, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur yang kembali eksis meskipun sempat sepi karena pandemi Covid-19.

Batik New Colet dari Desa Jatipelem ini merupakan usaha yang didirikan oleh sepasang suami istri, Sutrino dan Yani. Keduanya telah menekuni batik sejak puluhan tahun yang kemudian mendirikan usaha batik pada tahun 2012.

Tentunya setiap daerah memiliki motif batik ciri khasnya. Dilansir dari Times Indonesia, motif batik yang paling diminati di Batik New Colet merupakan motif jati dan buah mangga. Motif tersebut menggambarkan kearifan lokal di Desa Jatipelem.

Motif Batik Colet khas Desa Jatipelem. (Foto: Instagram/batiknewcolet)

Dari motif tersebut terkandung sebuah makna di mana setiap batik yang dibuat memiliki perkembangan dan membuahkan hasil serta memiliki kekuatan seperti pohon Jati.

Selain motif yang berbeda-beda disetiap daerah, dalam budaya seni membatik juga memiliki beberapa cara dan proses membatik salah satunya adalah dengan teknik colet. Nama Batik New Colet, sendiri terinspirasi dari pekerjaan Sutrisno saat membantu membatik di tahun 2000.

Teknik Colet merupakan teknik yang berbeda dengan proses membatik pada umumnya. Colet berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti memberi warna atau mewarnai kain yang sudah diberi motif.

Proses membatik dengan teknik colet. (Foto: Instagram/batiknewcolet)

Kalau dilihat pada motif batik ini memiliki beberapa warna yang sangat bewarna dan hidup. Terkadang ada yang memiliki warna hingga tujuh warna. Jika menggunakan teknik membatik pada umumnya dengan teknik celup akan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Maka teknik colet inilah yang di gunakan dengan menggunakan kuas atau kapas untuk mewarnai kain. Ada juga yang menggunakan canting dan malam yang sudah diberi warna.

Proses batik dengan teknik colet cukup sederhana. Sebelum diberi warna, kain akan digambarkan motif dengan proses mencanting yang akan menjadi pembatas agar saat diberi warna tidak melebar keluar dari garis.

Harga batik yang dijual oleh Batik New Colet berkisaran dari harga Rp 120 ribu hingga Rp 3 juta per potong. Harga tersebut tentunya berdasarkan tingkat kesuliatan pada motif dan proses membatiknya. [Syifaa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you