trending

Mengenal Kanker Sarkoma yang Diidap Artis Alice Norin

Penulis Nadira Sekar
Feb 22, 2024
Foto: instagram.com/alicenorin
Foto: instagram.com/alicenorin

ThePhrase.id - Kabar kurang menyenangkan datang dari artis Alice Norin. Melalui sebuah video singkat yang dibagikan di akun Instagram pribadinya @alicenorin, dia mengungkapkan bahwa dirinya baru-baru ini didiagnosis menderita kanker sarkoma.

Alice mengungkapkan bahwa ia sering merasakan sakit di bagian perut bawah, dan pada bulan Agustus 2023, dia sudah mendapatkan diagnosis miom. Namun, pada bulan Desember 2023, rasa sakit yang tak tertahankan membuatnya memutuskan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut, yang kemudian mengungkapkan bahwa ia menderita kanker sarkoma.

Setelah melalui serangkaian pemeriksaan, ia akhirnya dihadapkan pada keputusan untuk menjalani operasi besar guna mengangkat organ reproduksinya dan kelenjar belakangnya, dengan harapan untuk menghentikan kemungkinan penyebaran kanker tersebut.

Lantas, apa sebenarnya kanker sarkoma itu?

Kanker sarkoma merupakan salah satu jenis kanker langka yang menyerang jaringan ikat, seperti tulang, otot, lemak, pembuluh darah, saraf, dan jaringan penyangga tubuh lainnya. Sarkoma dapat muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk tulang, otot, serta organ dalam seperti paru-paru dan perut. 

Mengutip Cleveland Clinic, jenis kanker yang satu ini jarang sekali terjadi, hanya 1% dari seluruh diagnosis kanker pada orang dewasa dan sekitar 15% dari diagnosis kanker pada masa anak-anak. 

Melansir hellosehat.com, penyebab pasti dari kanker sarkoma belum diketahui dengan pasti. Meskipun demikian, para peneliti menyatakan bahwa mutasi pada DNA serta faktor lingkungan memainkan peran penting dalam perkembangan kondisi ini. Beberapa faktor risiko dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengembangkan kondisi ini, termasuk paparan radiasi, infeksi virus tertentu, dan faktor genetik.

Jenis-jenis Sarkoma

Ada berbagai jenis sarkoma, masing-masing dapat berkembang dari jenis jaringan ikat yang berbeda-beda dalam tubuh. Beberapa jenis sarkoma yang umum meliputi:

  • Sarkoma Jaringan Lunak: Merupakan jenis sarkoma yang paling umum dan dapat berkembang dari otot, lemak, atau jaringan ikat lainnya di dalam tubuh.
  • Osteosarkoma: Kanker tulang yang berkembang dari sel-sel tulang. Biasanya mempengaruhi tulang-tulang yang tumbuh secara cepat, seperti tulang paha atau lengan.
  • Rabdomiosarkoma: Kanker otot yang paling umum terjadi pada anak-anak dan dapat berkembang di berbagai bagian tubuh, termasuk otot rangka dan organ dalam.
  • Liposarkoma: Jenis kanker yang berkembang dari sel-sel lemak dan biasanya terjadi di bagian-bagian tubuh yang mengandung banyak jaringan lemak.

Gejala-gejala Kanker Sarkoma

Melansir Mayo Clinic, gejala kanker sarkoma dapat bervariasi tergantung pada lokasi dan jenis sarkoma yang terjadi. Namun, beberapa gejala umum yang perlu diwaspadai meliputi:

  • Pemunculan benjolan atau bengkak yang tidak menyakitkan di area yang terkena.
  • Sakit pada tulang.
  • Nyeri yang berlangsung lama di area tertentu.
  • Kehilangan berat badan yang tidak dijelaskan.
  • Gangguan pada fungsi tubuh tergantung pada lokasi sarkoma.

Pengobatan Kanker Sarkoma

Melansir Cleveland Clinic, pengobatan kanker sarkoma tergantung pada faktor-faktor seperti lokasi, ukuran, jenis, dan tingkat keparahan kanker, serta kesehatan umum pasien. Beberapa pilihan pengobatan yang umum meliputi:

  • Pembedahan: Untuk mengangkat tumor dan jaringan sekitarnya yang terkena.
  • Radioterapi: Penggunaan sinar tinggi untuk membunuh sel-sel kanker atau menghentikan pertumbuhannya.
  • Kemoterapi: Penggunaan obat-obatan untuk membunuh sel-sel kanker.
  • Terapi Targeted: Penggunaan obat-obatan yang dirancang untuk menargetkan sel-sel kanker secara spesifik.

Pilihan pengobatan dapat bervariasi, dan seringkali pasien dengan kanker sarkoma menerima kombinasi dari beberapa metode pengobatan untuk hasil yang optimal.

[nadira]

 
Related News
Popular News
 

News Topic