regional

Mengenal Sejarah Perdagangan Rempah Nusantara di Pameran Jalur Rempah

Penulis Ashila Syifaa
Dec 12, 2023
(Foto: Instagram/pameranjalurrempah)
(Foto: Instagram/pameranjalurrempah)

ThePhrase.id - Pameran Jalur Rempah yang digelar di Museum Kebangkitan Nasional memperkenalkan dan merayakan kekayaan warisan budaya Nusantara. Berlangsung mulai tanggal 9 hingga 31 Desember 2023, pameran ini memiliki tujuan untuk mengisahkan kembali perjalanan dan perdagangan rempah Nusantara dengan cara yang menarik, memikat perhatian pengunjung untuk lebih memahami akar sejarah Indonesia.

Tak bisa dipungkiri bahwa Indonesia dikenal sebagai negeri rempah-rempah, fenomena ini berakar pada lingkungan vulkanik Nusantara yang memberikan kekhasan tanah yang sangat subur dan ideal untuk menanam berbagai rempah-rempah endemik.

Pameran Jalur Rempah bukan hanya menjadi jendela sejarah jalur perdagangan rempah, melainkan juga menjadi pintu gerbang untuk memahami lebih dalam perkembangan ekonomi, politik, dan ilmu pengetahuan yang terbentuk berkat keberadaan Jalur Rempah.

Selain menyajikan fakta-fakta bersejarah secara interaktif dan informatif, Pameran Jalur Rempah juga menawarkan berbagai kegiatan seru dan edukatif. Di antaranya adalah konser di dalam museum, talkshow yang membahas aspek-aspek sejarah dan budaya seputar perdagangan rempah, taman rempah untuk mengenal langsung berbagai jenis rempah, board games yang mengedukasi, serta tenant peta interaktif jalur rempah yang membuat pengunjung merasakan langsung bagaimana perdagangan rempah.

Salah satu yang menarik adalah perahu interaktif Borobudur, selain itu berbagai hal yang terkait dengan sejarah jalur rempah ini akan dipamerkan dengan apik, termasuk artefak bersejarah dan bahkan mumi. Ini memberikan kesempatan langka bagi pengunjung untuk menyelami jejak masa lalu Indonesia yang kaya akan budaya dan sejarahnya.

Sebagai hiburan, Pameran Jalur Rempah juga menggelar serangkaian konser yang menghadirkan sejumlah musisi terkemuka Tanah Air. Acara pembukaan pada hari Sabtu (9/12) lalu, berhasil memberikan kesan yang mendalam dengan penampilan dari Sal Priadi, Syarikat Idola Remaja, hingga Pusakata. Dan yang menarik, acara ini masih akan menghadirkan penampilan musisi lainnya seperti Tigapagi, Wake Up Iris, dan masih banyak lagi.

Dengan segudang kegiatan menarik dan beragam informasi sejarah yang disajikan, Pameran Jalur Rempah bukan hanya menjadi destinasi edukasi bagi masyarakat Indonesia, tetapi juga memberikan wawasan baru tentang peran Indonesia dalam perdagangan rempah yang menjadi salah satu faktor penting dalam membentuk peradaban dunia.

Pameran ini diadakan juga seiringan dengan rencana Indonesia mendaftarkan Jalur Rempah menjadi Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2024. Sebelum itu, masyarakat dikenalkan terlebih dahulu dengan perjalanan, bukti budaya yang berkembang di jalur rempah.  [Syifaa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic