e-biz

Mengenal SIAPkerja, Ekosistem Digital Ketenagakerjaan dari Kemnaker

Penulis Firda Ayu
Sep 11, 2025
SIAPkerja (Foto: Youtube/PUSDATIK KEMNAKER)
SIAPkerja (Foto: Youtube/PUSDATIK KEMNAKER)

ThePhrase.id –  Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menghadirkan SIAPkerja, sebuah portal induk sekaligus ekosistem digital yang menjadi wadah bagi segala jenis layanan publik dan aktivitas bidang ketenagakerjaan, baik di pusat maupun daerah.

Hadirnya SIAPkerja diharapkan dapat menghadirkan layanan ketenagakerjaan yang lebih inklusif, terintegrasi, dan mudah diakses oleh masyarakat luas. 

Platform ini memiliki beberapa fitur yang berkaitan dengan dunia kerja. Seperti Karirhub yang menyediakan lowongan kerja, Skillhub untuk meningkatkan keterampilan kerja, Sertihub untuk mendapatkan sertifikasi ketenagakerjaan, dan beberapa fitur lain yang membantu para pencari kerja.

Melalui SIAPkerja, masyarakat tidak hanya bisa menemukan lowongan kerja, tapi juga dapat mengakses ratusan pelatihan gratis yang tersedia untuk menambah keterampilan sebelum terjun ke dunia kerja hingga mengajukan program bantuan kewirausahaan seperti TKM (Tenaga Kerja Mandiri).

Melansir laman Kemnaker, SIAPkerja hadir dengan tujuan-tujuan berikut:

  • Membangun dan mengembangkan ekosistem digital ketenagakerjaan sehingga membuka peluang yang lebih luas bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan ketenagakerjaan.
  • Mempermudah stakeholder (masyarakat, lembaga, perusahaan dan K/L) dalam menggunakan layanan ketenagakerjaan.
  • Dibangun dengan konsep micro services, dimana masing - masing layanan saling ter-integrasi dan sekaligus mewujudkan satu data.
  • Menerapkan Single Sign On (SSO) pada semua layanan, sehingga stakeholder hanya cukup mempunyai satu akun dan satu kali login untuk mengakses semua layanan yang ada.

Cara Daftar Akun SIAPkerja

Untuk dapat memanfaatkan sejumlah fitur yang ada di SIAPkerja, kamu perlu mendaftar terlebih dahulu melalui laman kemnaker.go.id.

  1. Akses laman kemnaker.go.id, kemudian klik ‘masuk’.
  2. Klik ‘Daftar Sekarang’ dan lengkapi data pada pendaftaran akun, meliputi Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, dan nama ibu kandung.
  3. Setelah data terverifikasi, masukkan data email dan nomor telepon untuk membuat password.
  4. Setelah itu, masukan kode OTP (one time password) yang akan dikirimkan via sms ke no handphone yang telah didaftarkan.
  5. Setelah aktivasi akun berhasil, kamu akan diarahkan menuju laman profil Kemnaker.
  6. Lengkapi data-data yang diperlukan secara lengkap, kemudian klik menu ‘Lengkapi Profil’.
  7. Setelah data lengkap dan pendaftaran akun berhasil, dan kamu dapat mengakses layanan yang tersedia di SIAPkerja. [fa]

Tags Terkait

Artikel Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic