regional

Menparekraf Rekomendasikan Belitung sebagai Destinasi Wisata Delegasi KTT ke-43 ASEAN

Penulis Ashila Syifaa
Sep 06, 2023
Pulau Lengkuas di Belitung. (Foto: indonesia.travel)
Pulau Lengkuas di Belitung. (Foto: indonesia.travel)

ThePhrase.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno telah merekomendasikan Belitung sebagai destinasi wisata bagi para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN.

Belitung dikenal sebagai destinasi geopark yang telah berhasil meraih penghargaan sebagai Geopark Global. Selain itu, Pulau Belitung memiliki keanekaragaman geologis yang menarik, termasuk pemandangan alam, batuan, mineral, proses geologi dan tektonik, serta sejarah evolusi bumi.

Destinasi ini juga menawarkan perpaduan unik antara budaya, keanekaragaman hayati, dan geografi yang berkaitan satu sama lain.

Pulau Belitung juga menjadi rumah bagi berbagai fauna dan flora yang langka, seperti ikan toman, ikan hampala, tarsius, dan tanaman herbal yang masih dijaga oleh penduduk setempat.

Menparekraf berharap bahwa KTT ke-43 ASEAN, yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 5-7 September 2023, akan berjalan dengan sukses dan memberikan dorongan ekonomi yang signifikan.

"Semua kementerian akan terlibat dalam KTT ke-43 ASEAN ini. Sebanyak 24 kepala negara akan hadir. Kami berharap acara ini akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi, termasuk tingkat okupansi kamar yang saat ini telah mencapai lebih dari 60%," jelas Sandiaga.

Destinasi Wisata Pulau Belitung

Menparekraf Rekomendasikan Belitung sebagai Destinasi Wisata Delegasi KTT ke 43 ASEAN
Pulau Batu Berlayar di Belitung. (Foto: indonesia.travel)

Bentangan alam yang eksotis dan kekayaan geologis Pulau Belitung menarik wisatawan untuk datang dan menikmati keindahannya. Deretan pantai yang indah dapat dikunjungi dan dapat di tempuh dalam 1-2 jam saja dari pusat Kota.

Salah satunya adalah Pantai Tanjung Kelayang yang menjadi ikonnya pulau Belitung. Pantai ini terletak di antara  Selat Gaspar dan Karimata di lepas pantai timur Sumatera memiliki pemandangan yang indah. 

Tak hanya pantainya saja beberapa destinasi di Tanjung Kelayang dapat dinikmati. Berjarak hanya 11 menit dari Pantai Tanjung Kelayang, Destinasi Wisata Tanjung Binga yang merupakan desa para nelayan dan pengunjung dapat melihat keseharian para nelayan.

Ada juga Pantai Tanjung Tinggi yang jaraknya hanya 11 menit dari Tanjung Kelayang. Bagi masyarakat pasti sudah tak asing lagi dengan pesona pantai ini karena merupakan salah satu lokasi shooting Laskar Pelangi. 

Tak lengkap rasanya jika berkunjungke Belitung dan tidak melihat batu-batu granit tinggi menghiasi pantai ini dipadukan dengan air laut yang jernih dan menghabiskan waktu di sini sampai matahari terbenam untuk menikmati senja yang indah. 

Melimpahnya kekayaan alam di Belitung menjadikannya destinasi yang lengkap yang berisikan flora dan fauna eksotis dan budaya yang menarik. [Syifaa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic