regional

Menparekraf Sandiaga Uno Luncurkan E-Katalog Masjid Indah di Indonesia

Penulis Ashila Syifaa
Sep 12, 2023
E-Katalog Wisata Masjid Nusantara. (Foto: indonesia.travel)
E-Katalog Wisata Masjid Nusantara. (Foto: indonesia.travel)

ThePhrase.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meluncurkan The Wonderful Mosque of Indonesia yakni e-katalog yang memberikan informasi mengenai masjid-masjid indah yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

Katalog ini merupakan versi lengkap dari e-booklet Mudik Jelajah Masjid #DiIndonesiaAja yang diluncurkan pada bulan Ramadan 2023. 

Menurut Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno masjid adalah salah satu tempat yang menjadi bagian dari kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Selain untuk beribadah, masjid menjadi tempat untuk seminar agama, aktivitas komersial, edukasi hingga kegiatan sosial. 

"Salah satu tujuan favorit di Indonesia adalah masjid-masjid yang indah. Sebelumnya, kita belum mempromosikan masjid sebagai destinasi wisata yang ramah bagi wisatawan muslim, dan dengan peluncuran e-katalog ini, kita ingin mendorong masjid-masjid ini menjadi daya tarik wisata untuk mengunjungi daerah," kata Sandiaga saat meluncurkan e-katalog dalam acara pembukaan World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 di Pangeran Beach Hotel, Padang, Sumatra Barat, Jumat (8/9/2023).

Menparekraf Sandiaga Uno Luncurkan E Katalog Masjid Indah di Indonesia
E-Katalog Wisata Masjid Nusantara. (Foto: indonesia.travel)

Sandiaga menambahkan dengan hadirnya e-katalog ini, diharapkan akan tercipta rute-rute wisata baru, yaitu perjalanan Nusantara untuk mengunjungi masjid-masjid ikonik.

"Kami berharap hal ini akan mendorong pergerakan 1,2 miliar wisatawan Nusantara yang pada gilirannya akan menciptakan peluang untuk menciptakan 4,4 juta lapangan kerja pada tahun 2024," tambahnya.

E-katalog ini berisi informasi tentang 74 masjid yang berada di 16 provinsi di Indonesia, yang memiliki potensi daya tarik wisata.

Beberapa daya tarik ini berdasarkan tujuh kategori tema, seperti nilai sejarah, nilai arsitektur, nilai budaya, nilai amenitas, nilai edu-religi, nilai tujuan ziarah, nilai sosial-preneur, dan nilai eco-mosque. 

E-katalog ini dapat diunduh melalui situs web resmi www.indonesia.travel. Informasi lengkap mengenai masjid-masjid tersebut dapat dilihat melalui katalog tersebut mulai dari profil, sejarah hingga keunikannya. 

Menurut Sandiaga, e-katalog ini tidak hanya mempromosikan potensi pariwisata khusus berbasis masjid di Indonesia tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi di sekitar masjid-masjid tersebut. [Syifaa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic