regional

Miliki Spot Surfing Kelas Dunia, Kepulauan Mentawai Jadi Surganya Peselancar

Penulis Ashila Syifaa
Sep 21, 2023
Gulungan ombak di Kepulauan Mentawai. (Foto: sumbarprov.go.id)
Gulungan ombak di Kepulauan Mentawai. (Foto: sumbarprov.go.id)

ThePhrase.id - Indonesia memiliki destinasi wisata yang melimpah, salah satunya Kepulauan Mentawai yang terletak di Sumatera Barat. Kepuluan ini mernawarkan pesona alam yang indah, pantai yang eksotis dan keberadaan ombak-ombak yang cantik.

Bagi peselancar pastinya sudah tidak asing lagi dengan Kepulauan Mentawai, karena merupakan salah satu spot berselancar terbaik dan bertaraf internasional. 

Kepulauan Mentawai merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Barat yang berada di luar wilayah pulau Sumatera dan terdiri dari empat pulau utama yakni Siberut, Sipora, Pagai Utara, dan Pagai Selatan. Mayoritas penghuninya adalah masyarakat suku Mentawai, suku Minangkabau, dan pendatang lainnya di luar Sumatera Barat.

Kepulauan Mentawi ini dikatakan memiliki ombak-ombak yang sempurna untuk berselancar. Pertama kali ditemukan pada tahun 1991 oleh peselancar asal Australia bernama Lance Knight, ombak yang terdapat di pulau terpencil ini dikatakan berkualitas kelas dunia.

Surganya Peselancar di Sumatera Barat

Miliki Spot Surfing Kelas Dunia  Kepulauan Mentawai Jadi Surganya Peselancar
Peselancar menikmati gulungan ombak di Kepulauan Mentawai. (Foto: indonesia.travel)

Meskipun tidak sepopuler lokasi surfing lainnya seperti Bali atau pulau Jawa, artikel yang diterbitkan melalui The Washington Post berjudul The next Bali? A surfers paradise sees a future in resort tourism oleh Michael Robinson Chavez, menyebutkan Kepulauan Mentawai lebih tepatnya Pulau Sipora sebagai surganya peselancar yang telah diakui oleh komunitas peselancar. 

Dari empat pulau yang terdapat di kepulauan ini, Pulai Sipura merupakan salah satunya yang memiliki pantai dengan ombak yang terbaik untuk berselancar. Laras yang deras, terumbu karang yang dangkal, dan ombak yang konsisten menjadikan Sipura sebagai salah satu ombak yang dicari oleh para peselancar.

Namun, ombak di pulau Sipura cenderung lebih ekstrim dan cocok bagi peselancar yang andal atau profesional. Sedangkan bagi pemula, Pulau Pagai menjadi destinasi yang cocok untuk belajar. 

Karena ombak yang sempurna bagi peselancar, Kepulauan Mentawai pernah menjadi tuan rumah kompetisi surfing bertaraf internasional yaitu Mentawai Pro pada 2016 yang dipersembahkan oleh Rip Curl.

Menurut Surfindonesia.com, terdapat dua periode musim yan terbaik untuk berselancar di kepulauan ini, yaitu pada bulan April hingga Oktober terutama bagi yang mencari gulungan ombak yang lebih ekstrim. Sedangkan pada bulan Desember ke Februari untuk yang mencari gulungan ombak yang lebih halus dan kecil berukuran hanya mencapai 1,2 meter dan cenderung lebih sepi pengunjung. 

Resort Berselancar Tersembunyi di Kepulauan Mentawai 

1. Southren Mentawai Outpost

Terletak di salah satu lokasi terpencil di Kepulauan Mentawai lebih tepatnya di Pulau Sibigau, resort ini merupakan resort peselancar yang menjadi lokasi gulungan ombak berkelas dunia yang dikenal dengan Thunders.

2. Roxies Surfcamp

Camp inklusif bagi peselancar ini juga menawarkan resort yang letaknya langsung berdekatan dengan pantai dan gulungan ombak yang indah. Roxie Surfcamp terletak di Pulau Pagai selatan yang ombaknya cenderung lebih kecil tetapi tetap konsisten cocok bagi peselancar intermediate. [Syifaa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic