ThePhrase.id - Membuka tahun 2024, MRT Jakarta mencatat jumlah keterangkutan yang mengesankan, dengan lebih dari 100 ribu orang menggunakan layanan setiap hari.
Pada bulan Januari, rata-rata 102.041 penumpang memanfaatkan layanan MRT Jakarta setiap harinya atau mencapai total 3.163.357 penumpang sepanjang bulan tersebut. Tingkat ketepatan waktu tempuh, kedatangan, dan berhenti ratangga pun tetap tinggi, mencapai 99,9 persen.
Selama hari kerja, Senin hingga Jumat, rata-rata 116.340 orang menggunakan MRT Jakarta, sementara pada akhir pekan, jumlah rata-rata pengguna mencapai 67.087 orang. Fakta ini menunjukkan bahwa MRT Jakarta telah menjadi pilihan utama masyarakat dalam mobilitas sehari-hari, dari tempat tinggal ke tempat kerja, dan sebaliknya.
Peningkatan yang signifikan dalam jumlah penumpang, sekitar 114.795 orang dari bulan sebelumnya dengan total 3.048.562 orang dan rata-rata 98.341 orang per hari, menandakan kepercayaan yang tinggi dari masyarakat terhadap layanan MRT Jakarta.
Untuk terus meningkatkan jumlah penumpang, PT MRT Jakarta (Perseroda) menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, terutama dalam industri wisata, seperti sektor kuliner, aktivitas, pusat perbelanjaan, kesehatan, pendidikan, dan promo tiket di sejumlah tempat wisata.
Kolaborasi dengan operator transportasi publik pengumpan juga berkontribusi dalam peningkatan keterangkutan. Terbaru, MRT Jakarta telah kerja sama dengan Damri untuk menyediakan layanan pengumpan dari PIK 2 menuju Stasiun Blok M BCA. Kehadiran angkutan pengumpan ini tidak hanya meningkatkan keterangkutan MRT Jakarta, tetapi juga mendorong adopsi budaya berbagi kendaraan (ride sharing).
Menurut pernyataan resmi MRT Jakarta, operator pengumpan ini menyumbang sekitar 23 persen dari total keterangkutan MRT Jakarta.
Selain itu, sejak Mei 2023, MRT Jakarta juga telah memperpanjang waktu operasionalnya pada akhir pekan, dimulai dari pukul 5 pagi hingga tengah malam, sebagai respons terhadap permintaan masyarakat akan layanan yang lebih luas di akhir pekan.
Sebagai bagian dari inovasi dan mengikuti tren digital oleh masyarakat, MRT Jakarta juga telah menghadirkan aplikasi resmi yang memungkinkan pengguna untuk membeli tiket perjalanan, mendapatkan promo, menonton film, bermain gim ponsel, dan berbagai fitur lainnya untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Selain itu, pembelian tiket rombongan juga dapat dilakukan melalui aplikasi, sementara mesin top up uang elektronik tersedia di setiap stasiun untuk memudahkan transaksi.
Di tahun 2023, jumlah pengguna layanan MRT Jakarta mencapai 91 ribu orang per hari, melampaui target sebesar 70 ribu orang per hari yang ditetapkan. Untuk tahun 2024 ini, PT MRT Jakarta (Perseroda) menargetkan 92 ribu orang per hari pada akhir tahun.
PT MRT Jakarta (Perseroda) mengapresiasi kepada masyarakat dan mitra pengumpan atas kepercayaan yang diberikan, yang telah memungkinkan semakin banyak orang untuk menikmati layanan MRT Jakarta dalam mobilitas sehari-harinya.
[nadira]