Muda, Cantik, Berbakat, Mawar Eva de Jongh Bintangi Sederet Film Ternama

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Awali karier sebagai aktris FTV cilik, nama Mawar Eva de Jongh kini dikenal sebagai aktris muda berbakat Tanah Air yang namanya makin bersinar dengan berbagai karya yang ia bintangi.

Perempuan blasteran Indonesia – Belanda ini lahir di Haaelem, Belanda pada 26 September 2001. Ibunya merupakan orang Indonesia asal Medan, Sumatera Utara dan sang ayah berasal dari Belanda.

Ia memulai kariernya sebagai aktris ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Tepatnya di tahun 2007, Mawar berperan dalam dua judul FTV bertema dongeng, yakni Dongeng: Putri Tidur & 3 Peri (2007) dan Dongeng: Gadis Cantik & Buku Ajaib (2007).

Mawar Eva de Jongh. (Foto: Instagram/mawar_eva)

Mawar juga menekuni industri permodelan. Saat TK, ia pernah menjadi juara ajang model. Beranjak remaja, ia juga masih aktif sebagai model dan mengikuti kompetisi Cardinal Aworld 2015, serta Puteri Pariwisata Tanah Karo tahun 2015 dan menang sebagai juara dua.

Meski pernah menjadi aktris cilik pada dua judul FTV, Mawar yang tinggal di Medan tetap menekuni pendidikannya di kota Paris van Sumatera tersebut hingga bangku SMP.

Fokus terjun ke industri hiburan sebagai aktris

Ia baru pindah ke Jakarta dan melanjutkan pendidikan SMA-nya di SMA Swasta Toga Terang, Bekasi ketika mulai fokus menekuni karier profesionalnya di industri hiburan. Awal mulanya adalah ketika ia memenangkan ajang Miss Celebrity Indonesia 2015 yang tayang di SCTV.

Berkat kemenangan tersebut, Mawar mulai mendapatkan banyak tawaran FTV seperti Tukang Mie Kocok Pujaan Hati (2015), Nyanyian Cinta Si Ratu Kambing (2016), Cintaku Tak Sedingin Es Cream (2016), Tanjidor Love Story (2017), dan masih banyak lagi.

Mawar Eva de Jongh. (Foto: Instagram/mawar_eva)

Selain FTV, ia juga bermain di sinetron, yakni seperti Elif Indonesia (2016), Haji Belajar Ngaji (2016), Super Puber (2016), Pesantren & Rock n’ Roll: Reborn (2017), dan Dia yang Tak Terlihat (2018).

Di tahun 2017, Mawar memulai debutnya di layar lebar. Film pertamanya adalah Promise (2017) sebagai Salsabila dan di tahun yang sama ia juga bermain di film London Love Story 2 (2017) sebagai Elena. Kedua film perdananya tersebut dibintangi juga oleh Dimas Anggara sebagai pemeran utamanya.

Berkat kemampuan aktingnya yang mumpuni, Mawar makin dikenal sebagai aktris muda berbakat. Ia berperan dalam film demi film seperti film horor Tumbal: The Ritual (2018), Serendipity (2018), hingga Bumi Manusia (2019).

Mawar Eva de Jongh. (Foto: Instagram/mawar_eva)

Namanya mulai mendapat pengakuan dan dikenal secara luas setelah membintangi film Bumi Manusia (2019), film adaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer dengan judul yang sama. Ia beradu akting dengan aktor-aktor muda ternama seperti Iqbaal Ramadhan dan Bryan Domani.

Mawar juga bermain di film-film lainnya seperti Sin (2019), #TemanTapiMenikah2 (2020), Miracle in Cell No. 7 (2022), dan sederet film yang akan datang seperti Puisi Cinta yang Membunuh (2022), Buya Hamka (2023), Virgo and The Sparklings (2023), Lockdown: Pandemic Thriller, dan The Invisible Guest.

Ia juga bermain di berbagai serial web seperti Loncat Kelas (2020), Loncat Kelas 2 (2021), dan My Ice Girl (2022).

Debut sebagai penyanyi

Tak hanya memiliki kemampuan akting yang membesarkan namanya, Mawar juga memiliki suara yang merdu. Ia mulai merambah ke industri hiburan dengan berkolaborasi melalui lagu “Heartbeat” bersama Julian Jacob.

Mawar Eva de Jongh. (Foto: Instagram/mawar_eva)

Untuk menekuni kariernya sebagai penyanyi, Mawar menandatangani kontrak dengan label Trinity Optima Production. Singel perdananya sebagai seorang penyanyi solo berjudul “Lebih Dari Egoku” (2019).

Singel tersebut ternyata diterima baik oleh masyarakat dan berhasil menempati peringkat kedua tangga lagu Billboard Indonesia Top 100. Lagu ini juga mendapat nominasi Karya Produksi Terbaik-Terbaik pada Anugerah Musik Indonesia. Mawar juga masuk nominasi Artis Solo Wanita Pop Terbaik dari ajang yang sama.

Meski sibuk membintangi berbagai film dan serial web, Mawar tetap berkarya dalam industri musik. Ia terus mengeluarkan singel demi singel, antara lain seperti “Sedang Sayang Sayangnya” (2020), “Ruang Rindu” (2020), “Mesin Waktu” (2021), dan “Tiba-Tiba Hilang” (2022). [rk]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you